Logo AFC.
Logo AFC.

5 Pesepakbola Top yang Akhiri Karir di Benua Asia

Posted on

Bolazola – Dalam beberapa tahun terakhir, semakin umum bagi pemain top di Eropa pindah ke Asia saat mereka mendekati masa senja karir mereka.

Setelah menikmati periode sukses di Eropa, mereka beralih untuk memaksimalkan potensi penghasilan, memenangkan lebih banyak trofi, atau mengalami tantangan baru.

Banyak klub Asia menawarkan gaji yang menggiurkan dan kontrak jangka panjang kepada pemain top yang berada di penghujung karir mereka. Dan berikut adalah 5 pesepakbola top yang bermain di Asia pada akhir karir mereka.

FABIO CANNAVARO

Pemain Terbaik FIFA 2006 dan pemenang Ballon d’Or 2006, Fabio Cannavaro, adalah bintang top sepak bola yang pindah ke Asia setelah berkarir di Eropa. Bek Italia yang dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik sepanjang masa ini menghabiskan 19 musim bermain di Eropa.

Fabio Cannavaro di Al-Ahli.

Dia mewakili klub-klub top seperti Napoli, Inter Milan, Juventus dan Real Madrid. Cannavaro memenangkan banyak gelar utama selama karirnya, termasuk Piala UEFA, La Liga, dan Piala Dunia 2006.

Namun, setelah periode kedua yang singkat bersama Juventus pada 2010, ia menandatangani kontrak dua tahun dengan klub berbasis Uni Emirat Arab Al Ahli. Cannavaro hanya menghabiskan satu musim di klub dan terpaksa pensiun setelah mengalami cedera lutut serius.

Dia membuat total 16 penampilan untuk klub yang berbasis di Dubai dan mencetak dua gol. Setelah pensiun, ia diangkat menjadi duta klub di Al Ahli dan kemudian menjadi asisten pelatih di klub tersebut.

Cannavaro juga melatih klub top lainnya di Asia, yaitu Guangzhou Evergrande (Tiongkok), Al-Nassr (Arab Saudi), dan Tianjin Quanjian (Tiongkok). Dia saat ini adalah pelatih klub Serie B Benevento.

SAMUEL ETO’O

Mantan pemain timnas Kamerun Samuel Eto’o adalah salah satu pemain paling berprestasi di benua Afrika. Pencetak gol yang produktif, ia memenangkan banyak penghargaan besar saat bermain untuk beberapa klub terbesar di Eropa.

Samuel Eto’o di Qatar SC.

Peraih empat kali Pemain Terbaik Afrika itu mewakili klub-klub seperti Barcelona, Inter Milan, dan Chelsea selama puncak karirnya. Eto’o juga pernah berkarir di Rusia dan Turki.

Penampilan klub terakhirnya adalah bersama klub yang berbasis di Qatar, Qatar SC. Dia hanya menghabiskan satu musim di klub, mencetak enam gol dan menciptakan satu assist dalam 18 penampilan sebelum resmi pensiun dari sepak bola.

Eto’o saat ini menjabat sebagai presiden Federasi Sepak Bola Kamerun (FECAFOOT).

XAVI HERNANDEZ

Pelatih Barcelona saat ini Xavi Hernandez adalah salah satu gelandang terbaik di dunia di masa jayanya. Bersama Andres Iniesta dan Sergio Busquets, dia adalah bagian dari salah satu trio lini tengah terhebat sepanjang masa.

Xavi Hernandez di Al Sadd.

Xavi menghabiskan 17 musim dengan Barcelona sebelum pergi pada 2015 ke Asia. Dia bergabung dengan Al Sadd, klub Qatar yang berbasis di Doha, dan menandatangani kontrak tiga tahun.

Dia diangkat menjadi kapten klub dan membawa mereka meraih gelar liga di musim 2018-19. Dia pensiun pada 2019 setelah mencatatkan 23 gol dan 27 assist dalam 97 pertandingan untuk klub.

Xavi kemudian ditunjuk sebagai pelatih Al Saad setelah pensiun. Dia memenangkan tujuh trofi sebagai pelatih sebelum berangkat ke Barcelona pada 2021.

ANDRES INIESTA

Seperti Xavi, Andres Iniesta menghabiskan sebagian besar hari bermainnya di Barcelona sebelum berangkat ke Asia untuk mengakhiri karir.

Andres Iniesta di Vissel Kobe.

Pemenang Piala Dunia 2010 itu menghabiskan 16 tahun di klub Catalan, menjadikan dirinya sebagai salah satu gelandang terbaik sepanjang masa sebelum bergabung dengan klub asal Jepang Vissel Kobe pada 2018.

Pemain berusia 38 tahun itu masih aktif dan telah mencatatkan 26 gol dan 25 assist dalam 128 penampilan sejauh ini untuk Vissel Kobe. Dia adalah kapten klub Jepang itu.

CRISTIANO RONALDO

Bintang Portugal Cristiano Ronaldo adalah sosok paling terkenal yang menyelesaikan kepindahannya ke Asia. Ronaldo baru-baru ini menandatangani kontrak 2,5 tahun senilai 200 juta euro dengan klub Arab Saudi Al-Nassr.

Cristiano Ronaldo siap tampil untuk Al-Nassr.

Pemain berusia 37 tahun itu menjadi agen bebas setelah pemutusan kontraknya di Manchester United atas kesepakatan bersama. Pemenang Ballon d’Or lima kali itu kemungkinan besar akan mengakhiri karirnya yang gemilang di Timur Tengah.