Bolazola – 13 November adalah terakhir kali Premier League musim ini digelar, dengan Manchester United merebut kemenangan atas Fulham.

Enam minggu telah berlalu, di mana banyak hal yang menjadi sorotan pecinta sepak bola dunia dan Argentina akhirnya menjadi juara.

Pada tanggal 26 Desember ini, Premier League akan kembali dan berikut adalah berbagai kondisi kompetisi tersebut pasca-Piala Dunia 2022.

KONDISI DI PAPAN ATAS

Arsenal di puncak klasemen setelah menjalani 14 pertandingan yang luar biasa. Mereka telah mengumpulkan 37 poin, dimana kekalahan terjadi melawan Manchester United pada awal September.

Setelah awal Premier League terbaik mereka, ini adalah pertama kalinya Arsenal menjadi yang teratas saat Natal sejak musim 2007-08. Ketujuh tim yang memenangkan 12 dari 14 pertandingan pertama mereka telah memenangkan gelar Premier League.

Pertanda baik lainnya untuk The Gunners adalah tim yang memuncaki klasemen pada Hari Natal telah menjadi juara dalam 10 dari 13 musim terakhir.

Dalam pertandingan pertama mereka kembali, mereka menghadapi West Ham United di Emirates Stadium.

Dengan posisi kedua Manchester City tidak bermain hingga 28 Desember, kemenangan akan membuat The Gunners unggul delapan poin dari sang juara.

Newcastle United menghadapi Leicester City pada 26 Desember dan ingin melanjutkan tren itu. Kemenangan keenam berturut-turut akan memindahkan mereka di atas Manchester City alias ke urutan kedua.

Ada beberapa tim di paruh papan atas yang mungkin menghargai kesempatan untuk mengambil keuntungan pasca-Piala Dunia 2022.

Tottenham Hotspur mengalahkan Leeds United sebelum jeda, tetapi kalah tiga kali dari empat pertandingan sebelumnya.

Chelsea asuhan Graham Potter belum pernah menang dalam lima pertandingan Premier League dan menghabiskan jeda Piala Dunia 2022 di urutan kedelapan.

KONDISI DI PAPAN BAWAH KLASEMEN

Berdasarkan 14 pertandingan pertama atau lebih, pertarungan degradasi musim ini bisa terbuka lebar. Hanya sembilan poin yang memisahkan 12 tim terbawah di divisi ini, dengan Wolves di dasar klasemen.

Hanya enam tim yang pernah berada di posisi terbawah saat Natal dan bertahan. tetapi Wolves akan mencari cara untuk melawan tren itu dengan keberadaan manajer baru.

Julen Lopetegui mengambil alih pada 14 November dan sudah menargetkan peningkatan besar, termasuk dalam skuatnya, dengan pria asal Spanyol itu menginginkan enam pemain baru saat jendela transfer dibuka pada 1 Januari.

Southampton juga melakukan pergantian manajerial sebelum jeda, dengan Nathan Jones tiba dari Luton untuk menggantikan Ralph Hasenhuttl yang dipecat. The Saints telah kalah dalam tiga pertandingan terakhir dan berada di urutan ke-19, selisih dua poin dari zona aman.

Mungkin mengejutkan melihat tidak ada lagi klub yang memilih untuk melakukan perubahan, dengan Piala Dunia 2022 secara efektif menyediakan mini pra-musim di tengah musim.

Everton masih percaya pada Frank Lampard meskipun duduk di urutan ke-17 klasemen setelah dua kekalahan beruntun, dan David Moyes tetap menjadi manajer West Ham United meskipun mereka telah kalah tiga kali berturut-turut dan unggul satu poin dari zona degradasi.

DAMPAK PIALA DUNIA 2022

Piala Dunia pertengahan musim yang intens selalu membawa risiko kelelahan dan cedera pada pemain. Arsenal bisa jadi terkena dampak terburuk akibat cedera lutut serius yang dialami striker asal Brasil Gabriel Jesus.

Mungkin akhir Februari si pemain akan kembali, meskipun dia gagal mencetak gol dalam enam pertandingan liga sebelum jeda.

Sebaliknya, meski memiliki pemain terbanyak dari klub mana pun di Piala Dunia dengan 16 pemain, Manchester City saat ini tidak memiliki masalah cedera. Mayoritas perwakilan mereka di Qatar tersingkir dari turnamen pada babak semifinal, dengan hanya Julian Alvarez dari Argentina yang berhasil melewati babak delapan besar.

Selain itu, pencetak gol terbanyak Premier League Erling Haaland telah beristirahat selama lima minggu, siap untuk kembali dan mencoba menambah jumlah golnya yang luar biasa yaitu 18 gol dalam 13 pertandingan.

Striker Norwegia itu memainkan pertandingan pertamanya untuk Manchester City sejak kekalahan pada November dari Brentford dalam kemenangan 2-0 melawan Girona pada 17 Desember, dan mencetak gol.

Perhatian besar akan diberikan kepada pemain mana yang cedera sebelum Piala Dunia dan siap beraksi lagi.

Para pemain seperti Reece James dan Wesley Fofana di Chelsea, striker Newcastle United Alexander Isak dan pemain Everton Dominic Calvert-Lewin bisa kembali, meskipun striker Liverpool Luis Diaz telah menjalani operasi lutut dan harus absen selama tiga bulan.

JADWAL LEBIH PADAT

Untuk memasukkan Piala Dunia di tengah musim domestik, pertandingan-pertandingan sekarang akan dimainkan secara reguler sehingga jadwalnya tampak padat.

Antara sekarang dan akhir Januari ada lima pertandingan papan atas Inggris. Ini semua terjadi setelah beberapa klub tampil di putaran keempat Carabao Cup, dengan pertandingan tersebut berlangsung pada 20-22 Desember.

Selain itu, putaran ketiga Piala FA akan dimainkan 6-9 Januari, sebelum beberapa tim kembali beraksi di kompetisi Eropa pada pertengahan Februari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here