Prediksi AS Roma vs Spezia di Serie A Italia Tanggal 05 Juni 2023 : Aquilotti Sangat Butuh Poin Penyelamat

Posted on

Dua tim yang memiliki kepentingan berbeda di laga penutupan kompetisi Serie A Italia 2022/23, akan saling berhadapan di Stadio Olimpico,Roma pada hari Senin, 05 Juni 2023 mulai pukul 02.00 WIB dini hari. Mereka adalah tuan rumah AS Roma yang bertujuan menjaga posisi zona Liga Europa dan tim tamu Spezia yang terdesak menghindari ancaman degradasi.

Impian AS Roma menyegel tiket Liga Champions 2023/24 pupus seketika, menyusul kekalahan di final UEL 2023 oleh Sevilla akhir pekan lalu. Di sisi lain, kedudukan Giallorossi di zona Liga Europa saat ini juga belum terpaku kuat. Pasalnya peringkat ke-6 klasemen mereka diklaim hanya dengan 60 poin, sehingga rentan tergusur oleh Juventus yang menyatroni dari urutan 7 lewat koleksi 59 angka.

AS Roma sangat menginginkan peringkat 5 klasemen, Atalanta (61 poin) dan Juventus tergelincir saat melakoni giornata 38 Serie A 2022/23, agar bisa lolos meyakinkan ke Liga Europa 2023/24 dengan memenangkan duel kontra Spezia nanti. Tapi sepertinya calon lawan yang tengah terdesak di bibir area merah, tak bersedia begitu saja menerima kekalahan tandang Senin ini.

Spezia selaku penantang babak terakhir Liga Italia musim ini, tentunya mengincar 3 poin penuh dalam kunjungan laga di Olimpico. Hasil maksimal wajib dibawa pulang demi menghentikan persaingan kontra Verona, sekaligus meloloskan diri dari eliminasi ke Serie B musim depan. Sekarang Aquilotti terdaftar diurutan ke-17 dengan raihan 31 poin yang sama dengan Verona, sipenghuni posisi 18 atau batas akhir zona degradasi.

Prediksi AS Roma vs Spezia

Tuan rumah AS Roma kini tengah berduka akibat kalah menyakitkan di partai puncak UEL 2023 dari Sevilla, melalui babak adu pinalti yang berujung 4-1. Jose Mourinho selaku pelatih kepala I Giallorossi menghendaki skuad asuhannya segera berhenti meratapi kegagalan itu dan fokus penuh melaksanakan misi memburu kemenangan di laga pamungkas Serie A 2022/23. Kebugaran fisik Lorenzo Pellegrini cs harus dipulihkan secepatnya dan masalah kinerja wasit di final UEL yang kurang memuaskan wajib dienyahkan terlebih dahulu.

Tidak seperti Juventus dan Atalanta yang diperkirakan bertemu pertandingan mudah di laga terakhir, Roma malah bakal bersua Spezia yang pastinya ngotot mengejar kemenangan mutlak atas mereka demi mengelak degradasi. Oleh karena itu, Mourinho wajib memutar otak buat mengatasi kendala stamina anak-anak asuhnya yang terkuras di final Liga Europa awal Juni lalu. Selain itu, kepercayaan diri dan mental tanding para penggawa La Lupa harus dipupuk kembali selepas terpapar hasil sangat mengecewakan.

Hasil buruk kontra Sevilla sekalian memperpanjang daftar tanpa kemenangan AS Roma dalam 5 kontes laga terakhir. Torehan sekali kalah diantara 4 kali seri dalam periode tersebut bukanlah ukiran bagus, yang bisa diusung pasukan Jose Mourinho saat menghadapi Spezia. Kini juru taktik asal Portugal menuntut keras skuad La Lupa segera bangkit dari kemerosotan performa dan wajib mengamankan poin penuh dari incaran Spezia.

Kendati kecewa berat akan hasil final UEL 2023, namun Mourinho tetap memberi apresiasi tinggi kepada skuad didikannya yang menampilkan perjuangan optimal sepanjang laga. Beliau juga mengaku bangga mendampingi para penggawa Roma, yang tak sejenakpun mengendorkan semangat juang saat duel kontra Sevilla. Meskipun akhirnya kalah melalui pertandingan kurang adil dari wasit, tapi skuad Giallorossi layak meninggalkan Budapest dengan kepala tegak.

Sementara Spezia di sisi lain bakal berupaya sekuat tenaga mencuri kemenangan di Olimpico Senin ini. Pasukan Leonardo Semplici juga tidak mau menaruh harapan pada AC Milan bisa mengalahkan Verona di waktu yang sama. Akan tetapi, Semplici menghendaki skuad Aquilotti konsentrasi menampilkan versi terbaik mereka saat bersua Roma, buat perjuangan bertahan di pentas Serie A mendatang tanpa tergantung hasil laga lainnya.

Andai Spezia dan Verona menuntaskan kompetisi Serie A 2022/23 dengan poin sama, maka partai play-off antara kedua kontestan bisa saja digelar untuk menentukan kelayakan lolos dari eliminasi. Namun Leonardo Semplici Berserta para penggawa Aquilotti sementara mengenyahkan opsi tersebut dan lebih memilih fokus mengupayakan hasil maksimal di matchday terakhir.

Saat menuju pertandingan krusial lawan Roma, pasukan Leonardo Semplici disarankan bertindak hati-hati menghadapi rival yang siap melampiaskan kemarahan di laga penutup musim 2022/23. Permainan disiplin tinggi mengantisipasi kekuatan dan kelemahan Serigala Ibukota, akan dipertunjukkan Spezia sepanjang laga nanti. Strategi matang telah dipersiapkan Semplici untuk diterapkan pada pertandingan tandang terakhir musim ini.

Terlepas dari kekalahan telak 0-4 di laga teranyar kontra Torino, sejatinya Spezia sempat memperlihatkan gelagat kebangkitan yang meyakinkan ketika membekuk AC Milan 2-0 di pertengahan Mei lalu dan kemudian menahan seri Lecce tanpa gol. Sekarang skuad Aquilotti diintruksikan melupakan hasil buruk pekan ke-37 Serie A dan secepatnya memompa motivasi, serta moral tanding kuat memburu hasil maksimal di laga krusial.

Head to Head AS Roma vs Spezia

AS Roma mendominasi 4 kemenangan dan sekali imbang saat bersua Spezia pada 5 pertemuan terakhir di arena Liga Italia. Dari sejumlah hasil positif tersebut La Lupa sukses mengikut sertakan torehan 3 kali clean sheet.

Riwayat 7 pertemuan terakhir kedua rival pada 2 kompetisi domestik berbeda dalam pertandingan waktu normal, Roma berhasil menguasai 4 partai berbanding hanya 1 laga milik Spezia. Sedangkan sisa 2 kesempatan lain berujung seimbang sama kuat.

Spezia sukses mencuri 1 kemenangan 0-3 atas Roma di ajang Coppa Italia dalam 3 kunjungan terakhir di Olimpico. Setelah itu, I Giallorossi segera membungkus 2 bentrokan kandang terakhir kontra Aquilotti dengan hasil positif 4-3 dan 2-0 FT.

Berita Pemain Kedua Kesebelasan

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho masih mencemaskan kondisi kebugaran Paulo Dybala jelang pertandingan kontra Aquilotti. Meskipun dilibatkan pada final UEL 2023 lalu, Striker Internasional Argentina perlu mendapat tinjauan ulang tim dokter klub mengenai cedera yang belum pulih sepenuhnya.

Selain itu, 2 anggota skuad inti lainnya seperti Roger Ibanez dan Lorenzo Pellegrini juga berstatus diragukan, yang diharapkan mampu berjuang pulih tepat waktu. Adapun Rick Karsdorp dan Marash Kumbulla tetap menepi saat menjamu Spezia, berhubung tengah bergelud dengan cedera di ruang perawatan.

Sementara di kubu tamu, Spezia dipastikan kehilangan 5 penggawanya saat kunjungan laga ke Ibukota pekan ini, dengan halangan cedera masing-masing. Mereka adalah Julius Beck (kaki), Emil Holm (kunci paha), Joao Moutinho (kaki), Jacoba Sala (cedera) dan Petar Zovko (cedera).

Di samping itu, pelatih Leonardo Semplici terancam tidak bisa menurunkan Simone Bastoni di sisi lapangan permainan dan Defender Mattia Caldara di benteng pertahanan, dikarenakan keduanya kini berada dalam kondisi belum 100% prima.

Rekor 5 Partai Laga Terakhir AS Roma vs Spezia :

23-01-23 Spezia 0-2 AS Roma (SA)
28-02-22 Spezia 0-1 AS Roma (SA)
14-12-21 AS Roma 2-0 Spezia (SA)
24-05-21 Spezia 2-2 AS Roma (SA)
23-01-21 AS Roma 4-3 Spezia (SA)

5 Partai Laga Terakhir AS Roma :

01-06-23 Sevilla 1-1 AS Roma (P:4-1)(UEL)
27-05-23 Fiorentina 2-1 AS Roma (SA)
22-05-23 AS Roma 2-2 Salernitana (SA)
19-05-23 Bayer Leverkusen 0-0 AS Roma (UEL)
14-05-23 Bologna 0-0 AS Roma (SA)

5 Partai Laga Terakhir Spezia :

27-05-23 Spezia 0-4 Torino (SA)
21-05-23 Lecce 0-0 Spezia (SA)
13-05-23 Spezia 2-0 AC Milan (SA)
07-05-23 Cremonese 2-0 Spezia (SA)
03-05-23 Atalanta 3-2 Spezia (SA)

Prakiraan Line-Up AS Roma vs Spezia

AS Roma (3-4-2-1) :
Rui Patricio; Gianluca Mancini, Chris Smailling, Roger Ibanez; Filippo Missori, Edoardo Bove, Mady Camara, Nicola Zalewski; Lorenzo Pellegrini, Stephan El Sharawy; Andrea Belotti.
Pelatih : Jose Mourinho.

Spezia (3-5-2) :
Bartlomiej Dragowski; Dimitris Nikolaou, Ethan Ampadu, Przemyslaw Wisniewski; Arkadiuz Reca, Albin Ekdal, Salvatore Esposito, Mehdi Bourabia, Kelvin Amian; Emmanuel Gyasi, M’Bala Nzola.
Pelatih : Leonardo Semplici.

PREDIKSI SKOR AKHIR

AS Roma 1-0 Spezia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *