Bungkam Korea Selatan, Timnas U-23 Indonesia Selangkah Lagi Lolos ke Olimpiade 2024

Permalukan Korea Selatan, STY Segera Bawa Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Olimpiade 2024

Posted on

Kejutan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024 masih terus berlanjut. Melawan Tim U-23 Korea Selatan, Timnas U-23 Indonesia menang melalui babak adu penalti dengan skor 11-10. Lolos ke babak semifinal, STY ‘hampir’ pasti membawa Timnas U-23 Indonesia melaju ke Olimpiade 2024.

Garuda Muda, julukan dari Timnas U-23 Indonesia, melawan Tim U-23 Korea Selatan pada babak 8 besar Piala Asia U-23 2024. Laga ini digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4) WIB. Tim U-23 Korea Selatan datang dengan status tim unggulan.

Tim berjuluk ‘Taeguk Warriors’ ini, lolos dengan status juara Grup B. Sementara itu, Garuda Muda lolos ke babak 8 besar usai menjadi runner-up Grup A.

Bermain dalam tempo tinggi, Garuda Muda memberikan perlawanan sengit kepada Tim U-23 Korea Selatan. Penyerang muda Timnas U-23 Indonesia, Rafael Struick, menjadi bintang utama di babak pertama. Struick sukses mencetak 2 gol ke gawang Korea Selatan pada menit ke-15 dan 48. Korea Selatan ini mencetak satu gol di babak pertama usai Komang Teguh melakukan gol bunuh diri pada menit ke-45. Babak pertama berkesudahan 2-1 untuk keunggulan Timnas U-23 Indonesia.

Masuk babak kedua, Timnas U-23 Indonesia bermain lebih bertahan. Serangan balik cepat dari pemain Garuda Muda sempat membahayakan jala Korea Selatan. Namun, penyelesaian akhir di babak kedua tak sebaik di babak pertama.

Sejak menit ke-69, Korea Selatan bermain dengan 10 pemain setelah satu pemain mereka melakukan pelanggaran keras kepada Justin Hubner. Wasit memberikan kartu merah kepada pemain Korea Selatan setelah melakukan pengecekan ulang melalui VAR.

Bermain dengan 10 pemain, pemain Korea Selatan justru bermain lebih lepas. Melalui skema serangan balik cepat, Korea Selatan menyamakan skor pada menit ke-84. Skor 2-2 ini menyudahi babak kedua.

Laga dilanjutkan ke babak tambahan 2 kali 15 menit. Garuda Muda mencoba mencetak gol kemenangan di waktu tambahan ini. Namun, pertahanan Korea Selatan bermain solid. Hingga akhir waktu tambahan 2 kali 15 menit, skor 2-2 tetap bertahan.

Setelah skor imbang ini tetap tak berubah, laga dilanjutkan ke babak adu penalti. Eksekusi penalti dari kedua tim ini berjalan baik. Namun, Garuda Muda lebih beruntung.

Kiper Timnas U-23 Indonesia, Ernando, dua kali melakukan penyelamatan. Eksekusi terakhir dari Pratama Arhan sukses menjebol jala Korea Selatan. Setelah drama adu penalti ini berakhir, Garuda Muda menang dengan skor 11-10 di babak adu penalti ini.

  • STY Selangkah Lagi Bawa Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Olimpiade 2024 Paris

Kemenangan atas Korea Selatan bukan hanya membawa Garuda Muda ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024, tapi mendekatkan jarak ke Olimpiade 2024. Benua Asia sendiri memiliki 3 jatah untuk lolos langsung dan satu bermain di babak playoff.

Garuda Muda hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk lolos ke Olimpiade 2024. Juara, runner-up dan peringkat ketiga di Piala Asia U-23 2024 ini akan maju ke Olimpiade 2024. Peringkat keempat akan bermain dalam laga playoff melawan tim dari Afrika, Guinea.

Secara matematis, Timnas U-23 Indonesia hanya butuh satu kemenangan lagi untuk lolos ke Paris. Pada babak semifinal ini, Garuda Muda akan melawan pemenang dari laga Tim U-23 Uzbekistan vs Tim U-23 Saudi Arabia. Laga semifinal ini akan digelar pada hari Senin, 29 April 2024 di di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Semoga kemenangan memihak Tim U-23 Indonesia lagi.***