Bendera Liverpool.
Bendera Liverpool.

5 Pencetak Gol Terbanyak Liverpool dalam Sejarah Premier League

Posted on

Bolazola Liverpool adalah salah satu klub sepak bola paling sukses dan populer di Inggris. Mereka saat ini membanggakan 19 gelar liga dan enam trofi Liga Champions di lemari piala mereka, di antara penghargaan lainnya.

Dari Robbie Fowler hingga Mohamed Salah, klub berjuluk The Reds telah menghasilkan beberapa pencetak gol terhebat yang pernah bermain di Premier League.

Setelah kemenangan 7-0 atas Manchester United akhir pekan lalu, inilah kesempatan untuk meninjau kembali daftar 5 pencetak gol terbanyak Liverpool dalam sejarah Premier League.

Sadio Mane

Sadio Mane
Sadio Mane

Dengan 90 gol dalam 196 penampilan, Sadio Mane adalah pencetak gol terbanyak kelima Liverpool dalam sejarah Premier League. Sang maestro Senegal bergabung dengan The Reds dari Southampton selama jendela transfer musim panas 2016.

Dia telah membantu tim Merseyside itu memenangkan satu gelar Premier League, satu trofi Liga Champions, satu Carabao Cup, satu Piala FA, satu Piala Super UEFA, dan satu Piala Dunia Antarklub FIFA. Sadio Mane memenangkan Liverpool Players’ Player of the Season pada 2016-17 dan juga termasuk dalam PFA Premier League Team of the Season pada empat kesempatan terpisah.

Penyerang berusia 30 tahun itu mengakhiri periodenya di Anfield untuk bergabung dengan Bayern Munich musim panas lalu. Namun, ia berjuang dengan cedera sejak pindah ke Bavarians dan berhasil tampil hanya dalam 16 pertandingan liga sejauh musim ini.

Michael Owen

Michael Owen.
Michael Owen.

Michael Owen adalah salah satu striker terhebat yang pernah diproduksi Liverpool. Mantan pemain timnas Inggris itu memainkan 216 pertandingan Premier League selama waktunya di Anfield, mencetak 118 gol.

Dia memenangkan satu Piala FA, dua Piala Liga Sepakbola, satu Piala Amal FA, satu Piala UEFA dan satu Piala Super UEFA bersama Liverpool. Striker kelahiran Chester ini memenangkan dua Sepatu Emas Premier League dan juga penerima Ballon d’Or pada tahun 2001, saat masih di Liverpool.

Owen meninggalkan The Reds untuk bergabung dengan Real Madrid pada 2004 sebelum menjalani periode bersama Newcastle United, Manchester United, dan Stoke City. Dia pensiun pada 2013.

Steven Gerrard

Steven Gerrard.
Steven Gerrard.

Steven Gerrard secara luas dianggap sebagai pemain Liverpool terbesar sepanjang masa. Dia memainkan 504 pertandingan Premier League untuk klub masa kecilnya, mencetak 120 gol dalam prosesnya, tetapi dia jauh lebih dari sekadar statistiknya.

Gelandang kelahiran Whiston membantu The Reds memenangkan satu gelar Liga Champions dan dua Piala FA, di antara penghargaan lainnya selama waktunya di Anfield. Gerrard memenangkan penghargaan Liverpool Player of the Season pada empat kesempatan terpisah dan juga termasuk dalam PFA Premier League Team of the Season sebanyak delapan kali.

Dia meninggalkan klub kampung halamannya untuk bergabung dengan LA Galaxy pada 2015 sebelum gantung sepatu pada 2016.

Robbie Fowler

Robbie Fowler.
Robbie Fowler.

Robbie Fowler memainkan 266 pertandingan Premier League (dalam dua periode) untuk The Reds, mencetak 128 gol. Penampilannya di Anfield membuatnya mendapat julukan ‘Dewa’ dari para fans.

Penyerang kelahiran Toxteth itu memenangkan lima trofi bersama The Reds, termasuk Piala Super UEFA 2001. Dia dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Premier League pada tahun 1995 dan 1996.

Mohammad Salah

Mohammad Salah.
Mohammad Salah.

Mohamed Salah telah memantapkan dirinya di antara pemain terbaik di dunia sejak bergabung dengan Liverpool dari AS Roma selama jendela transfer musim panas 2017.

Pemain timnas Mesir itu telah mencetak 129 gol dalam 205 penampilan liga untuk The Reds sejauh ini, menjadikannya pencetak gol terbanyak klub di sejarah Liga Utama.

Dia memainkan peran penting dalam kesuksesan klub baru-baru ini dan membanggakan tiga Sepatu Emas Premier League di lemari pialanya. Penyerang berusia 30 tahun itu juga memenangkan penghargaan Premier League Player of the Season pada 2017-18.

Mohamed Salah masih menjadi bagian penting dari skuad The Reds. Dia kemungkinan akan membuat beberapa rekor klub dan liga lagi di musim mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *