Vincent Kompany dan skuat Burnley.
Vincent Kompany dan skuat Burnley.

Pasukan Legenda Manchester City Memenangkan Promosi ke Premier League

Posted on

Bolazola – Burnley langsung kembali ke Premier League saat mereka meraih promosi otomatis dengan kemenangan 2-1 melawan Middlesbrough pada hari Jumat (7/4/2023).

Tim yang dilatih oleh Vincent Kompany ini memastikan kembali ke kompetisi kasta tertinggi Inggris dengan tujuh pertandingan tersisa setelah tampil dominan di klasemen Championship dengan keunggulan 11 poin dari tim yang berada di posisi kedua. Promosi ini terjadi pada musim pertama mantan kapten Manchester City menjabat sebagai manajer klub setelah mengambil alih posisi tersebut musim panas lalu.

Hasil imbang 0-0 antara dua klub yang juga berpeluang promosi, Luton Town dan Millwall, sebelumnya pada hari Jumat berarti kemenangan atas Boro akan menjamin Burnley promosi dan mengantarkan mereka unggul 19 poin dari posisi ketiga.

Ashley Barnes membawa tim berbasis Lancashire tersebut memimpin dengan gol pembuka pada menit ke-12. Penalti yang dieksekusi Chuba Akpom pada menit ke-48 tampaknya akan menghambat perayaan Burnley, tetapi Connor Roberts memastikan kemenangan dengan gol pada pertengahan babak kedua. Mereka berhasil mempertahankan keunggulan tersebut hingga peluit panjang dan memastikan kemenangan liga ke-25 pada musim ini.

Meski memiliki awal musim yang sulit dengan hanya satu kemenangan dari lima pertandingan setelah terdegradasi dari Premier League musim lalu, tim asuhan Kompany hanya menelan satu kekalahan di liga setelah itu. Mereka juga berhasil mencapai perempatfinal Piala FA, meski akhirnya kalah 0-6 dari juara bertahan Premier League Manchester City.

Burnley menarik perhatian dengan perubahan gaya permainan yang signifikan dibandingkan saat dilatih Sean Dyche. Gaya permainan yang cepat dan mengandalkan penguasaan bola dari tim asuhan Kompany telah menghasilkan banyak pertandingan yang menghibur, dengan mereka memiliki rekor serangan dan pertahanan terbaik di divisi ini.

Tim ini berpeluang mencapai 100 poin, suatu pencapaian yang tidak terjadi di divisi kedua Inggris sejak Leicester City dengan 102 poin pada musim 2013-14. Saat ini, Burnley berada di posisi 87 poin dan akan menghadapi Sheffield United yang berada di posisi kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *