Manchester United dijual.
Manchester United dijual.

Keluarga Glazer Tunda Penjualan Manchester United

Posted on

Bolazola – Pemilik Manchester United, keluarga Glazer, sedang mempertimbangkan untuk menunda keputusan apakah akan menjual klub tersebut hingga setelah berakhirnya musim.

INEOS, yang dipimpin oleh miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe, dan pengusaha Qatar Sheikh Jassim telah mengajukan penawaran untuk membeli Manchester United melalui bank investasi Raine Group.

Keluarga Glazer juga sedang mempertimbangkan penawaran investasi minoritas dari sejumlah kelompok investasi berbasis di Amerika Serikat.

Keluarga Glazer.
Keluarga Glazer.

Pada bulan November, pemilik klub asal Amerika Serikat tersebut mengumumkan bahwa mereka sedang mencari “alternatif strategis”, termasuk penjualan penuh atau menerima investasi dari pihak luar.

Staf klub diberitahu pada bulan Maret untuk menunggu “kejelasan” mengenai situasi kepemilikan tersebut paling lambat pada akhir musim, tetapi seorang sumber mengatakan bahwa sekarang ada kekhawatiran bahwa keluarga Glazer menunda keputusan tersebut hingga setelah berakhirnya musim.

Manchester United akan mengakhiri musim Premier League mereka dengan melawan Fulham di Old Trafford pada tanggal 28 Mei sebelum menghadapi Manchester City dalam final Piala FA di Wembley Stadium pada tanggal 3 Juni.

Sir Jim Ratcliffe.
Sir Jim Ratcliffe.

Erik ten Hag berharap dapat memiliki jendela transfer musim panas yang sukses setelah musim pertamanya yang positif, tetapi situasi kepemilikan klub yang masih belum pasti dapat menghambat hal tersebut.

Salah satu alasan penundaan ini, menurut salah satu sumber, adalah karena keluarga Glazer masih berusaha mencapai kesepakatan mengenai masa depan mereka dengan Manchester United, terutama karena Joel dan Avram Glazer enggan melepaskan saham mereka.

Ratcliffe telah mengusulkan ide untuk membiarkan Joel dan Avram Glazer tetap menjadi pemegang saham sambil mengambil kendali atas klub tersebut. Sheikh Jassim, yang mengajukan penawaran keempat yang lebih baik minggu lalu, menawarkan untuk membeli 100% saham klub. Tahap selanjutnya dari proses ini adalah bagi Raine Group untuk menentukan pihak yang diinginkan sebagai pemenang penawaran.

Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani.
Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani.

Kehadiran keluarga Glazer dalam kapasitas apa pun berpotensi memicu lebih banyak protes dari para suporter.

Demonstrasi anti-Glazer pada bulan Mei 2021 menyebabkan pertandingan Manchester United melawan Liverpool ditunda setelah sejumlah suporter masuk ke lapangan dan masuk ke ruang ganti.

Protes terbaru bulan lalu melibatkan lebih dari seribu suporter yang berbaris dari pusat kota Manchester ke Old Trafford menjelang pertandingan kandang melawan Aston Villa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *