Sir Jim Ratcliffe ingin beli Manchester United.
Sir Jim Ratcliffe ingin beli Manchester United.

Orang Terkaya di Inggris Siap Bajak Manchester United

Posted on

Bolazola – Salah satu orang terkaya Inggris, Sir Jim Ratcliffe, telah mengkonfirmasi bahwa perusahaannya sedang dalam proses untuk membeli Manchester United dari keluarga Glazer.

Miliarder berusia 70 tahun, yang lahir di Failsworth di Greater Manchester, masih malu-malu tentang ambisinya untuk mengambil alih klub yang disukainya ketika keluarga Glazer pertama kali mengindikasikan bahwa mereka bersedia menjualnya pada November lalu.

Namun perusahaan Ratcliffe yaitu Ineos mengatakan pada hari Selasa (17/1/2023) bahwa mereka telah mendaftarkan minatnya ke bank dagang yang menjalankan penjualan untuk keluarga Glazer, sebuah pengumuman yang menjadikannya penawar potensial pertama yang ‘go public’.

“Kami telah secara resmi memasukkan diri kami ke dalam proses,” kata juru bicara Ineos, sebuah perusahaan petrokimia dan fracking, kepada awak media.

Proses penawaran formal untuk Manchester United diperkirakan akan dimulai bulan depan, dengan minat dari Amerika Serikat, Timur Tengah dan Asia juga menjadi rumor.

Pada tahap ini, para pihak harus mendaftar untuk melihat dokumen keuangan rahasia dan berkomitmen untuk melakukan uji tuntas sebelum kemungkinan pengambilalihan.

Sir Jim Ratcliffe, yang memiliki portofolio olahraga yang mencakup tim bersepeda Ineos Grenadiers, sepertiga dari tim Mercedes F1 dan klub sepak bola Prancis OGC Nice, mengatakan pada bulan Oktober 2022 lalu bahwa dia ingin memiliki “aset” yang lebih besar dalam sepak bola. Tetapi pada tahap itu, dia tidak mengharapkan keluarga Glazers untuk menjual Manchester Unitted.

“Saya adalah penggemar Manchester United seumur hidup. Dan saya berada di sana dalam pertandingan paling luar biasa pada tahun 1999 di Barcelona, yang terukir dalam di benak saya. Tapi kita tidak bisa duduk berharap bahwa suatu hari nanti Manchester United akan tersedia,” katanya saat itu.

Label harganya diperkirakan tidak murah, dengan keluarga Glazer menginginkan sekitar 5 miliar poundsterling, tetapi Ratcliffe memiliki uang dengan Forbes memperkirakan kekayaannya sebesar 15,5 miliar Dollar AS, menjadikannya orang terkaya ke-111 di dunia.

Berita itu disambut dengan optimisme yang cukup berhati-hati oleh Manchester United Supporters Trust, yang mengulangi seruannya agar para penggemar menjadi bagian integral di bawah model kepemilikan baru.