Bolazola – Didier Deschamps akan melatih timnas Prancis hingga Piala Dunia 2026 setelah mengumumkan pada Sabtu (7/1/2023) bahwa dia telah diberi perpanjangan kontrak empat tahun hanya beberapa minggu setelah timnya dikalahkan oleh Argentina di final Piala Dunia 2022.

Kontrak Deschamps sebelumnya berakhir setelah Piala Dunia 2022 di Qatar, di mana Prancis kalah dari Argentina yang diperkuat Lionel Messi dalam adu penalti setelah final yang mencapai babak perpanjangan waktu pada 18 Desember 2022 lalu.

Presiden Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) Noel Le Graet dilaporkan hanya ingin memberi Didier Deschamps tambahan kontrak dua tahun hingga Euro 2024 di Jerman, tetapi pelatih 54 tahun itu bersikeras untuk tetap bertanggung jawab hingga Piala Dunia berikutnya di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

Pengumuman itu mengakhiri perdebatan dan juga akan menghentikan spekulasi bahwa Zinedine Zidane akan jadi pelatih berikutnya.

“Saya akan mengumumkan sesuatu yang bagi saya merupakan kesenangan besar, dan itu adalah presiden telah memutuskan untuk memperpanjang (kontrak saya) hingga 2026,” kata Didier Deschamps di pertemuan umum FFF.

“Saya berterima kasih kepada presiden atas dukungannya yang terus-menerus dan kepercayaannya yang terus menerus kepada saya. Sangat penting bagi tim Prancis untuk berfungsi dengan baik,” tambahnya.

Kemudian asisten Deschamps yaitu Guy Stephan juga mempertahankan pekerjaannya.

TARGET DI EURO 2024

Didier Deschamps, yang menjadi bintang untuk Olympique Marseille, Juventus dan Chelsea dalam karir sebagai pesepakbola, menjadi kapten timnas Prancis ketika mereka memenangkan Piala Dunia pertama pada 1998 dan menjadi pelatih timnas pada 2012.

Dia membawa Prancis ke final Euro 2016 di mana mereka kalah dari Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo, dan dua tahun kemudian memimpin Les Bleus meraih gelar Piala Dunia di Rusia, di mana mereka mengalahkan Kroasia (4-2) di final.

Di Qatar, Prancis dapat tampil maksimal tanpa Karim Benzema yang mendapat cedera tepat sebelum turnamen berlangsung dan mencapai final.

Puncaknya, mereka bangkit dari ketertinggalan 0-2 dari Argentina untuk membawa skor menjadi 3-3 hingga babak perpanjangan waktu, berkat hat-trick dari Kylian Mbappe. Namun mereka kalah lewat adu penalti.

Satu-satunya titik terendah Didier Deschamps datang ketika Prancis tersingkir dari babak 16 besar Euro 2020 oleh Swiss. Dengan kontrak baru, dia menjadi pelatih timnas Prancis terlama dalam sejarah, mengungguliMichel Hidalgo yang memegang pekerjaan itu dari Maret 1976 hingga Juni 1984.

Prancis akan kembali beraksi pada 24 Maret ketika menghadapi Belanda di Stade de France untuk kualifikasi Euro 2024. Memenangkan turnamen itu pun menjadi target utama.

“Semuanya dilakukan secara bertahap. Ada tuntutan untuk mendapatkan hasil dan ekspektasi tinggi untuk kualifikasi Euro 2024 mendatang.” kata Deschamps dalam konferensi pers usai pertemuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here