Bolazola – Final Piala Dunia 2022 berakhir seminggu yang lalu, tetapi drama di sekitarnya berlanjut ketika wasit pertandingan menunjukkan foto di ponselnya selama konferensi pers untuk menanggapi klaim bahwa gol Lionel Messi di babak perpanjangan waktu seharusnya tidak disahkan.

Argentina memenangkan final di Qatar (4-2) melalui adu penalti setelah pertandingan berakhir skor 3-3, dengan Lionel Messi mencetak dua gol dan Kylian Mbappe mengantongi hat-trick untuk Prancis.

Szymon Marciniak, wasit pertama dari Polandia yang memimpin final Piala Dunia, menghadapi kritik dari media Prancis bahwa dia seharusnya menganulir gol Lionel Messi di babak perpanjangan waktu karena dua pemain pengganti Argentina tampak memasuki lapangan sebelum bola masuk ke gawang.

Media berbasis Prancis L’Équipe menyebutkan Hukum Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional 3, paragraf 9, yang mencakup bahwa wasit harus menganulir gol jika pemain pengganti berada di lapangan pertandingan saat gol dicetak.

Szymon Marciniak menanggapi kritik tersebut dengan cara yang unik. Dia mengambil tangkapan layar di ponselnya yang menunjukkan tujuh pemain pengganti Prancis telah memasuki lapangan saat mereka merayakan salah satu gol Mbappe.

Ia pun menanggapi kritik @lequipe bahwa gol kedua Lionel Messi seharusnya tidak dihitung.

“Prancis tidak menyebutkan foto ini, di mana Anda dapat melihat bagaimana ada tujuh pemain Prancis di lapangan saat Mbappe mencetak gol,” kata Szymon Marciniak sambil menunjukkan sebuah foto di ponselnya kepada awak media.

Komentar Szymon Marciniak muncul setelah petisi, meminta final diulang karena kesalahan wasit, diluncurkan. Petisi tersebut menembus 220.000 tanda tangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here