Foto : PSSI.Org
Erick Thohir tegaskan jumlah stadion bisa dikurangi jika daerah tak siap

Tegas ! Erick Thohir Klaim FIFA Bisa Kurang Stadion di Piala Dunia U-20 2023 Jika Daerah Tak Siap

Posted on

Bolazola– Kurang dari 3 bulan menjelang perhelatan Piala Dunia U-20 2023, persiapan terus digeber oleh Indonesia sebagai pihak tuan rumah. Erick Thohir menegaskan FIFA bisa mengurangi stadion jika daerah tak siap menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 pada tahun 2019 lalu. Namun, perhelatan Piala Dunia U-20 2021 dibatalkan karena masalah pandemi Covid-19. Sebagai gantinya, Indonesia menjadi tuan rumah untuk edisi tahun 2023 ini.

Direncanakan, ada 6 stadion yang akan dipakai oleh Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2023 nanti. Keenam stadion ini tersebar di 6 daerah berbeda. Mulai dari Gelora Bung Karno Jakarta, Manahan Solo, Gelora Bung Tomo, I Wayan Dipta Bali, Gelora Sriwijaya Palembang, dan Si Jalak Harupat.

Ketua LOC Piala Dunia U-20 2023, Erick Thohir, mengaku sudah melakukan rapat bersama di di GBK Arena Senayan, Jakarta, Senin, 6 Maret 2023. Rapat ini terkait dengan terkait operation, safety dan security mejelang Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Erick Thohir mengakui ada beberapa catatan dari FIFA pada rapat tadi. Utamanya soal operation, safety dan security.

“Sejak kemarin saya sudah melakukan rapat bersama LOC. Saya melihat update dari setiap divisi dan isu-isunya. Hari ini kami membahas terkait operation, safety dan security. Dari hasil rapat terkait operation, FIFA memberikan sejumlah catatan,” kata Erick Thohir yang didampingi Wakil Ketua Umum Ratu Tisha, dikutip Bolazola dari laman resmi PSSI, pada hari Selasa, 7 Maret 2023.

Pria yang kini juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI ini mengklaim, FIFA bisa mengurangi jumlah stadion jika daerah tak siap. Erick menegaskan FIFA akan melakukan cek ulang pada 6 stadion nanti pada 21 hingga 27 Maret 2023 mendatang. Erick menegaskan Pemerintah tak ingin ada pengurangan jumlah stadion untuk Piala Dunia U-20 nanti.

“Enam stadion dan empat lapangan di tiap kota ini akan di cek ulang oleh FIFA secara langsung pada tanggal 21 hingga 27 Maret mendatang. Ada catatan dari FIFA bahwa mereka bisa dan berhak mencoret enam stadion menjadi empat stadion dan juga lapangan latihan bisa dikurangi. Kita tidak ingin hal ini terjadi karena ada bagian kerja pemerintah pusat yang dihandle Kementerian PUPR dan juga peran sangat penting dari pemerintah daerah,” tambah Erick Thohir.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *