Son Heung-min.
Son Heung-min.

Son Heung-min Jadi Sasaran Pelecehan Rasis, Tottenham Hotspur Pasang Badan

Posted on

Bolazola – Tottenham Hotspur telah meminta perusahaan media sosial untuk mengambil tindakan setelah Son Heung-min menjadi sasaran pelecehan rasis secara online yang “sangat tercela”.

Pelecehan terjadi selama kemenangan 2-0 atas West Ham United, di mana Son mencetak gol kedua Spurs saat masuk sebagai pemain pengganti.

Tottenham Hotspur memposting di Twitter mengatakan mereka telah melaporkan pelecehan terhadap Son Heung-min.

“Kami mendukung Sonny dan sekali lagi meminta perusahaan media sosial dan pihak berwenang untuk mengambil tindakan,” kata Tottenham Hotspur.

Tottenham Hotspur menambahkan: “Kami telah disadarkan tentang pelecehan rasis (secara) online yang sangat tercela yang diarahkan pada Son Heung-min selama pertandingan hari ini, yang telah dilaporkan oleh klub.”

Kelompok anti-rasisme Kick It Out mengatakan “jijik” mendengar pelecehan rasis yang ditujukan pada Son, hanya beberapa hari setelah menuntut “reformasi yang berarti” pasca-striker Brentford Ivan Toney menjadi sasaran pelecehan rasial di Instagram.

“Keduanya telah menjadi sasaran di masa lalu. Semakin lama perusahaan media sosial mengambil tindakan, atau pemerintah meloloskan undang-undang keamanan online, semakin banyak pemain yang akan disalahgunakan,” Kick It Out dalam sebuah pernyataan.

“Apakah pemain hanya bisa pasrah menerima pelecehan sementara kita menunggu reformasi? Pemain tidak boleh menjadi korban, mereka membutuhkan perlindungan online yang lebih baik dan inilah mengapa perubahan harus dilakukan dengan cepat,” sambung pernyataan itu.

“Kami akan terus bekerja tanpa lelah dengan mitra kami di seluruh olahraga ini untuk memastikan bahwa mereka yang bertanggung jawab melakukan pelecehan diskriminatif menghadapi konsekuensi yang paling kuat atas tindakan mereka,” tambah pernyataan Kick It Out.

Ivan Toney menjadi sasaran setelah gol penyeimbang kontroversialnya melawan Arsenal, yang seharusnya dianulir oleh VAR karena offside jika melihat posisi rekan setimnya Christian Norgaard.

Striker Brentford itu mengungkapkan pada Oktober tahun lalu bahwa dia telah dilecehkan di Instagram setelah mencetak kedua gol dalam kemenangan 2-0 atas Brighton.

Meta, perusahaan induk dari Instagram dan Facebook, mengutuk penyalahgunaan tersebut pada saat itu, tetapi mengatakan tidak dapat mengambil tindakan karena pesan tersebut belum dilaporkan dalam aplikasi.

Polisi menyelidiki dan Antonio Neill, 24, dari Blyth, Northumberland, mengakui tuduhan mengirim pesan ofensif ke Toney di Pengadilan Newcastle Magistrates pada Januari lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *