Manchester United dijual.
Manchester United dijual.

Jika Ingin Beli Manchester United, Miliarder Inggris Ini Harus Lepas Klub Prancis

Posted on

Bolazola – Penawar Manchester United Sir Jim Ratcliffe dapat dipaksa untuk menjual sahamnya di klub Prancis, Nice, untuk menghindari kemungkinan salah satu timnya dikeluarkan dari Liga Champions jika dia berhasil membeli saham mayoritas milik keluarga Glazer dan memiliki klub Premier League itu.

Ratcliffe, fans Manchester United sejak kecil dan orang terkaya di Inggris dengan kekayaan dilaporkan sebesar 6,1 miliar poundsterling, telah mengajukan penawaran kepada bank New York, Raine Group, untuk membeli 69% saham Glazer di Manchester United. Jika Ratcliffe berhasil, dia dan perusahaan kimia INEOS miliknya akan menjadi pemilik tiga klub – Manchester United, Nice, dan klub Swiss divisi dua, FC Lausanne-Sport.

Meskipun Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan awal bulan ini bahwa badan sepak bola Eropa siap untuk meninjau regulasi tentang kepemilikan klub ganda, Ratcliffe akan melanggar aturan yang ada jika Manchester United dan Nice sama-sama lolos ke kompetisi UEFA di bawah kepemilikannya.

Pasal 5 dari regulasi kompetisi klub UEFA berkaitan dengan integritas kompetisi dan kepemilikan klub ganda, dengan aturan yang melarang dua tim yang dikendalikan oleh orang atau grup yang sama dari bersaing di kompetisi yang sama.

Pada 2017, panel ahli keuangan UEFA menerima bahwa kelompok Red Bull telah merestrukturisasi dan memisahkan struktur manajemen RB Leipzig dan Red Bull Salzburg – dikenal sebagai FC Salzburg dalam kompetisi UEFA – dengan cukup baik sehingga kedua tim Jerman dan Austria dapat berpartisipasi bersama-sama di Liga Champions.

Namun, kecuali jika Ratcliffe dan INEOS mengurangi minat mereka di Nice, mereka akan menghadapi risiko klub Prancis atau United melanggar Pasal 5.02 regulasi UEFA yang menjelaskan langkah-langkah yang akan diambil jika dua klub yang dimiliki oleh orang atau grup yang sama lolos ke kompetisi yang sama.

Sir Jim Ratcliffe.
Sir Jim Ratcliffe.

Jika kedua tim berhasil finish di posisi kualifikasi Liga Champions di liga masing-masing, klub yang finish lebih tinggi akan mengambil tempat dalam kompetisi, artinya Manchester United akan ketinggalan jika mereka finish di posisi keempat dan Nice finihs di tiga besar Ligue 1.

Klausul tersebut menyatakan bahwa: “Jika dua atau lebih klub gagal memenuhi kriteria yang bertujuan untuk memastikan integritas kompetisi, hanya satu dari mereka yang dapat diizinkan untuk berpartisipasi dalam kompetisi klub UEFA, sesuai dengan kriteria berikut (berlaku dalam urutan menurun): Klub yang lolos secara merit olahraga untuk kompetisi klub UEFA yang paling bergengsi [yaitu, dalam urutan menurun: Liga Champions UEFA, Liga Europa UEFA, atau Konferensi Liga Europa UEFA; Klub yang mendapat peringkat tertinggi di kejuaraan domestik yang memberikan akses ke kompetisi klub UEFA yang relevan; Klub yang asosiasinya menduduki peringkat tertinggi dalam daftar akses.”

Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani, yang memimpin penawaran dari Qatar untuk membeli Manchester United, mungkin juga dipaksa untuk membuktikan bahwa dia tidak memiliki pengaruh dalam menjalankan PSG, yang dimiliki oleh Qatar Sports Investments (QSI), jika dia menjadi pemilik Manchester United.

Namun sebagai pemilik Nice, pengaruh Ratcliffe secara otomatis akan menjadi sorotan UEFA jika dia menjadi penawar sukses dalam perlombaan untuk membeli Manchester United.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *