Foto : PSSI.

Skuad Mumpuni, Timnas Indonesia Bisa Jadi Juara Piala AFF 2022

Posted on

Bolazola– Timnas Indonesia kembali berjuang di Piala AFF, kali ini untuk edisi tahun 2022. Timnas Indonesia datang dengan skuad mumpuni. Meski tak akan mudah, peluang Timnas Indonesia untuk menjadi juara di Piala AFF 2022 terbuka lebar.

Pasukan Garuda, julukan dari Timnas Indonesia, berstatus sebagai runner-up dalam gelaran Piala AFF 2022 ini. Pada edisi tahun 2020 lalu, Timnas Indonesia kalah 2-6 dari Thailand di babak final. Ini menjadi torehan runner-up keenam Indonesia di ajang Piala AFF.

Masuk gelaran Piala AFF 2022 ini, Timnas Indonesia datang dengan pemain dan kepercayaan diri yang sedang naik. Selama tahun 2022 ini, Timnas Indonesia banyak menorehkan prestasi yang membaik. Pertengahan tahun 2022 lalu, Timnas Indonesia sukses lolos dari kualifikasi Piala Asia 2024. Ini menjadi torehan perdana Indonesia setelah tahun 2004 lalu.

Selain itu, peringkat Indonesia naik 15 peringkat di rangking FIFA selama tahun 2022 ini. Kini, Timnas Indonesia berada di peringkat ke-151. Dua laga uji coba terakhir, Timnas Indonesia menang 2 kali beruntun atas Curacao yang memiliki peringkat ke-80 FIFA.

Faktor lainnya, pemain Indonesia sedang dalam form baik di luar negeri. Dalam skuad 23 pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong, sedikitnya ada 6 pemain yang bermain di luar negeri. Keenam pemain tadi adalah Jordi Amat – Johor Darul Takzim (Malaysia), Asnawi Mangkualam – Ansan Greeners ( Korea Selatan), Pratama Arhan – Tokyo Verdy ( Jepang), Witan Sulaeman – AS Trencin ( Slowakian), Saddil Ramdani – Sabah FC ( Malaysia) dan Egy Maulana Vikri – Vion Zlaté Moravce ( Slowakia).

Selain 6 pemain tadi, 2 pemain naturalisasi, yaitu Marck Klok dan Ilja Spasojevic, kembali mendapat panggilan Timnas Indonesia. Dibandingkan pada Piala AFF 2020 lalu, Timnas Indonesia kali ini lebih komplet dan berpengalaman. Kombinasi pemain muda dan senior kali ini lebih seimbang di Timnas Indonesia.

Berdasarkan faktor-faktor diatas, peluang Timnas Indonesia untuk menjadi juara di Piala AFF 2022 sangat terbuka lebar. Apalagi, Thailand tak diperkuat beberapa pemain inti yang bermain di luar Thailand. Kemungkinan besar, Malaysia dan Vietnam menjadi lawan seimbang bagi Timnas Indonesia di ajang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *