Foto : PSSI.org
PSSI buka opsi terapkan VAR di musim baru Liga 1

Sambut Liga 1 Musim 2023/2024, PSSI Buka Opsi Terapkan VAR, Tapi…

Posted on

Bolazola Dua bulan menjelang Liga 1 musim 2023/2024, PSSI membuka opsi penerapan sistem Video Assistant Referee (VAR) atau Asisten Wasit Video. Namun, Ketua Umum PSSI mengklaim VAR baru bisa diterapkan pada pertengahan musim.

Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 digelar pada bulan Februari 2023 lalu. Pengurus yang terpilih paska KLB 2023 ini, mayoritas adalah pengurus baru. Ketua Umum kini dijabat oleh Erick Thohir, paska meraih 64 suara dari 86 suara yang yang diperebutkan.

Setelah 4 bulan menjabat, Erick Thohir memberikan angin segar menjelang Liga 1 musim 2023/2024. Salah satunya soal penerapa VAR.

Foto : PSSI.org

Erick berharap VAR bisa diterapkan pada musim baru nanti. Namun, VAR baru diterapkan pada pertengahan musim.

“Mudah-mudahan juga sistem VAR akan diberlakukan, tapi di pertengahan musim,” ujar Erick Thohir dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu, 6 Mei 2023.

Erick mengklaim dirinya sudah bersepakat dengan operator Liga 1, PT LIB, soal penerapan VAR ini.

“Ini kesepakatan dengan PT Liga bahwa saya mau sistem VAR mesti dilakukan, tetapi enggak mungkin di awal musim langsung ada VAR. Kesepakatan dengan PT Liga, VAR di pertengahan musim,” tambah Erick Thohir.

Jika tak jadi diterapkan secara penuh, Erick berharap VAR bisa diuji coba dulu pada beberapa laga.

“Paling tidak uji coba dulu, kita tidak bisa melakukan sesuatu langsung sempurna. Anggap saja tahun ini percobaan dulu, tahun depan akan lebih maksimal. Kan semua membangun itu bertahap, tidak bisa langsung jadi. Saya orang yang sangat detail, saya ingin memastikan ini berjalan baik,” pungkas Erick Thohir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *