Napoli raih Scudetto.
Napoli raih Scudetto.

Napoli Scudetto! Ini Deretan Fakta Menariknya

Posted on

Bolazola – Napoli resmi meraih gelar juara Serie A mereka yang ketiga. Sebelumnya, Napoli telah memenangkan dua gelar pada musim 1987 dan 1990.

Pada musim 2022-23, Napoli berhasil memastikan diri sebagai juara setelah bermain imbang 1-1 melawan Udinese di Dacia Arena pada pekan ke-33, Jumat (5/5/2023).

Dalam pertandingan tersebut, Napoli sempat tertinggal lebih dulu setelah Sandi Lovric mencetak gol pada menit ke-13. Namun, keunggulan Udinese hanya bertahan sampai menit ke-52 setelah Victor Osimhen berhasil menyamakan kedudukan.

Dan ternyata ada berbagai fakta menariknya. Apa sajakah?

Napoli menanti 33 tahun untuk meraih gelar Serie A. Dalam catatan Opta, Napoli adalah tim kedua terlama yang bisa meraih dua trofi, setelah AS Roma yang menunggu selama 41 tahun. Napoli berhasil mengunci gelar juara pada pekan ke-33 atau saat masih menyisakan lima pertandingan. Menurut Opta, itu adalah yang tercepat dalam sejarah Serie A.

Victor Osimhen mencetak satu gol dalam pertandingan itu, yang membuat koleksi golnya di Serie A menjadi 22. Rekor sebelumnya dipegang oleh Samuel Eto’o saat membela Inter Milan dengan mencetak 21 gol pada musim 2010-11. Osimhen juga berhasil menjadi pemain asal benua Afrika dengan gol terbanyak dalam satu musim Serie A.

Kesuksesan Napoli tidak lepas dari tangan dingin pelatih Luciano Spalletti. Baru menjabat sebagai pelatih Napoli pada 2021, ia dengan cepat mempersembahkan trofi bergengsi. Spalletti berhasil mengantarkan Napoli menjadi juara di usianya yang ke-64 tahun 58 hari. Opta mencatat, Spalletti menjadi manajer tertua yang berhasil mengangkat Scudetto.

Napoli memiliki kesamaan kisah dengan Argentina. Trofi terakhir yang diraih sebelum menjadi juara lagi adalah ketika Diego Maradona masih aktif. Maradona menjadi top skor tim saat Napoli juara pada tahun 1990 dan sejak saat itu Napoli tidak pernah meraih gelar juara lagi. Maradona juga menjadi top skor Argentina saat terakhir kali memenangkan Piala Dunia pada tahun 1986 dan sejak itu Argentina tidak pernah menang. Namun di musim ini, Napoli dan Argentina berhasil mengakhiri penantian panjang mereka. Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 dan Napoli meraih gelar juara Serie A 2022-23.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *