Avram Grant latih timnas Zambia.
Avram Grant latih timnas Zambia.

Mantan Manajer Chelsea Ini Jadi Pelatih Baru Timnas Zambia

Posted on

Bolazola – Zambia telah menunjuk mantan manajer Chelsea, West Ham United dan Ghana yaitu Avram Grant untuk memimpin tim nasional mereka.

Pria asal Israel itu telah menyetujui kontrak berdurasi dua tahun, Asosiasi Sepak Bola Zambia (FAZ) mengumumkan pada Kamis (22/12/2022).

“Saya sedang mencari tantangan yang tepat dan itulah mengapa saya memilih Zambia,” kata Avram Grant dalam konferensi pers di Lusaka.

“Saya datang ke sini karena tantangan dan saya berharap ketika saya pergi dari sini saya akan melihat sekeliling dan mengatakan kami melakukan pekerjaan dengan baik dan membuat landasan yang baik untuk masa depan,” sambungnya.

“Saya pikir Zambia memiliki potensi, kami telah menetapkan target yang ingin kami capai,” tuturnya lagi.

Avram Grant memiliki pengalaman melatih sebelumnya di benua Afrika, setelah memimpin Ghana ke final Piala Afrika 2015, dimana mereka dikalahkan melalui adu penalti oleh Pantai Gading, tetapi mengundurkan diri setelah finish keempat di turnamen yang sama dua tahun kemudian.

Pria 67 tahun, yang telah memenangkan penghargaan sebagai pelatih terbaik di negara asalnya, serta di Inggris dan Serbia, menggantikan mantan pemain timnas Zambia Moses Sichone yang menjadi suksesor Aljosa Asanovic pada bulan September, dimana Sichone kabarnya menjadi asisten pelatih.

Avram Grant akan ditugaskan untuk menghidupkan kembali peruntungan sang pemenang Piala Afrika 2012. ‘Chipolopolo’ gagal lolos ke turnamen tahun ini dan finish ketiga di grup kualifikasi untuk Piala Dunia 2022.

Namun, Zambia memiliki beberapa pemain muda berbakat, termasuk striker Rangers Fashion Sakala dan striker Leicester City Patson Daka, yang menjuarai Piala Afrika U-20 pada 2017 dan mencapai perempatfinal Piala Dunia U20 pada tahun yang sama.

Pertandingan pertama Avram Grant sebagai pelatih akan dilakukan di kandang Lesotho pada bulan Maret, kualifikasi untuk Piala Afrika 2023 yang diadakan di Pantai Gading.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *