Bolazola – Leeds United telah mengkonfirmasi penunjukan Javi Gracia, mantan manajer Watford dan pelatih Valencia, sebagai manajer mereka.

Pria Spanyol 52 tahun itu mengambil alih kepelatihan dari Jesse Marsch, yang dipecat lebih dari dua minggu lalu, dan telah menyetujui apa yang digambarkan klub sebagai “kontrak fleksibel”. Dapat dipahami komitmen awal adalah hingga akhir musim.

Leeds United berada di zona degradasi Premier League setelah kalah melawan Everton pada hari Sabtu (19/2/2023) dan beralih ke Gracia setelah gagal mendaratkan target lainnya.

Kuartet kandidat pilihan mereka – Arne Slot dari Feyenoord, Carlos Corber├ín dari West Bromwich Albion, mantan pelatih River Plate Marcel Gallardo serta Andoni Iraola dari Rayo Vallecano – terbukti di luar jangkauan.

Meskipun Leeds United mungkin mencoba lagi di musim panas untuk Iraola, mereka sangat sadar bahwa bertahan di papan atas sepak bola Inggris akan menjadi kunci untuk setiap harapan mengamankan jasanya.

Tunduk pada izin kerja, pertandingan pertama Gracia akan menjadi pertandingan kandang melawan sesama calon degradasi Southampton pada hari Sabtu (25/2/2023), ketika kekalahan akan membuat pertandingan terpuruk. Dia mengambil alih tim yang telah melewati 10 pertandingan tanpa kemenangan liga dan sejak mengalahkan Chelsea 3-0 pada Agustus tahun lalu telah mengambil poin paling sedikit dari klub Premier League mana pun: 12 dari 20 pertandingan.

Meski menjuarai Liga Qatar bersama Al Sadd musim lalu, Javi Gracia dipecat pada Juni lalu. Dia berada di Watford dari Januari 2018 hingga September 2019, mencapai final Piala FA 2019, tetapi dipecat setelah awal yang buruk pada musim berikutnya. Javi Gracia juga melatih Malaga dan Rubin Kazan di antara klub-klub lain.

Leeds United mengatakan awal pekan lalu bahwa Michael Skubala akan melanjutkan tugas sebagai juru kunci untuk “pertandingan mendatang”, tetapi dia diberi satu pertandingan lagi.

Pelatih tim U-21, dibantu oleh Paco Gallardo dan Chris Armas, menyaksikan hasil imbang tandang dan kekalahan kandang melawan Manchester United sebelum pertandingan melawan Everton.

Leeds United berada di atas zona degradasi karena selisih gol ketika Jesse Marsch pergi setelah kalah melawan Nottingham Forest, tetapi sekarang tertinggal dua poin dari zona aman terakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here