Bolazola– Hasil memuaskan diraih oleh Timnas Indonesia dalam pertandingan kedua babak Grup A Piala AFF 2022. Melawan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia menang dengan skor 7-0. Kemenangan ini cukup spesial karena Shin Tae-yong melakukan rotasi secara radikal di laga ini.

Skuad Garuda, julukan dari Timnas Indonesia, menantang tuan rumah Brunei Darussalam di pertandingan kedua Grup A Piala AFF 2022. Laga ini akan digelar di Stadion KLFA, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12).

Pada pertandingan pertama, Timnas Indonesia dibuat susah payah oleh Kamboja. Timnas Indonesia hanya menang dengan skor 2-1. Sementara itu, Brunei Darussalam babak belur usai kalah 0-5 dari Thailand dan 1-4 dari Filipina.

Pada laga ini, pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melakukan rotasi secara radikal. Kecuali di lini kiper, Shin Tae-yong melakukan banyak perubahan, mulai dari pemain belakang sampai depan.

Pada sektor belakang, 4 pemain bertahan dirubah total. Begitu pula di lini tengah. Irianto dan Abimanyu diplot sebagai double pivot di lini tengah. Saadil dan Dendy pun diberikan kesempatan bermain sejak menit awal.

Namun, pada sektor penyerang tengah, Spaso, tetap dimainkan. Egy pun tetap dimainkan, namun sebagai penyerang lubang.

Semua perubahan tadi, berbuah hasil manis. Babak pertama, Timnas Indonesia unggul 2-0 melalui gol dari Abimanyu 20’ dan Dendi Sulistyawan 41’. Sejak menit ke-38, Brunei bermain dengan 10 pemain setelah seorang pemain Brunei mendapat kartu kuning kedua sehingga mendapat kartu merah.

Unggul satu pemain, permainan Timnas Indonesia menggila di babak kedua. Lima gol sukses dicetak oleh pemain Timnas Indonesia di babak kedua ini.

Kelima gol masing-masing dicetak oleh Egi Maulana Vikri 59’, Ilja Spasojevic 60’, Sananta 68’, Klok 86’, dan Sayuri 90+2 “. Skor 7-0 bertahan untuk kemenangan Timnas Indonesia.

Kemenangan ini membawa Timnas Indonesia kembali ke posisi kedua dengan 6 poin setelah 2 laga. Posisi pertama masih diraih oleh Thailand yang sudah mengumpulkan 9 poin dari 3 laga.

Timnas Indonesia akan bertemu dengan Thailand pada 29 Desember 2022 nanti. Bisa jadi, ini akan menjadi penentu juara Grup A. Selain Thailand, Timnas Indonesia masih akan melawan Timnas Filipina di pertandingan keempat Grup A.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here