Bolazola– Sejarah ditorehkan oleh Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong atau biasa dipanggil STY. Pada bulan Juni 2022 lalu, Timnas Indonesia sukses melaju ke putaran final Piala Asia 2023. Timnas Indonesia lolos usai menjadi runner-up terbaik bersama 5 tim lainnya di babak kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia sudah lama absen dalam gelaran Piala Asia. Pasukan Garuda terakhir kali bersaing di Piala Asia pada tahun 2007 lalu.

Kala itu, Timnas Indonesia menjadi tuan ruman bersama dengan Malaysia, Thailand dan Vietnam. Timnas Indonesia hanya sampai babak grup, usai kalah bersaing dengan Saudi Arabia dan Korea Selatan.

Lebih jauh lagi, Timnas Indonesia terakhir kali berlaga di Piala Asia melalui jalur kualifikasi, terjadi pada tahun 2003 lalu. Saat itu, Indonesia lolos sebagai runner-up di babak kualifikasi dengan Arab Saudi sebagai juara grup. Timnas Indonesia pun berlaga di Piala Asia 2004 yang digelar di Qatar.

Pada babak kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia satu grup dengan tim tuan rumah, Kuwait, lalu Jordania dan Nepal. Semua laga digelar di Kuwait.

Timnas Indonesia membuat kejutan di pertandingan pertama saat melawan Kuwait. Bermain dikandang lawan, Timnas Indonesia justru menang dengan skor 2-1.

Selanjutnya, Timnas Indonesia gagal menahan laju dari Jordania. Timnas Indonesia kalah dengan skor 0-1. Kekalahan ini sempat membuat posisi Indonesia terancam untuk lolos.

Beruntung, Timnas Indonesia menang 7-0 atas Nepal dipertandingan terakhir babak grup. Sementara itu, Jordania mencukur Kuwait dengan skor 3-0.

Timnas Indonesia pun lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Timnas Indonesia lolos dengan 4 runner-up terbaik lainnya. Salah duanya dari Asia Tenggara, Thailand dan Malaysia.

Federasi sepakbola Asia atau AFC, memilih Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Karena berhimpitan dengan Piala Dunia 2022 yang juga dihelat di Qatar, kemungkinan besar Piala Asia 2023 akan digeser ke tahun 2024.

Timnas Indonesia sudah mempersiapkan tim lebih awal. Dua pemain yang bermain di luar negeri, Jordi Amat dan Sandi Walsh, sudah melalui proses naturalisasi.

Kehadiran 2 pemain tadi, membuat Timnas Indonesia lebih kuat di lini belakang. Timnas Indonesia sendiri berada di pot ketiga dalam babak drawing nanti.

Penentuan pot ini, berdasarkan rangking FIFA. Timnas Indonesia kini berada di peringkat ke-151 rangking FIFA. Kemungkinan besar, Timnas Indonesia akan satu grup dengan beberapa tim kuat Asia, semisal Jepang atau pun Korea Selatan.

Apa pun hasilnya dari drawing nanti, keberhasilan Timnas Indonesia kembali berlaga di Piala Asia, patut diapresiasi. Timnas Indonesia kembali bisa bersaing dengan tim kuat lainnya di Asia dalam ajang sebesar Piala Asia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here