Bolazola– Sejarah tercipta pada akhir bulan Maret 2022 lalu. Bali United menjadi tim pertama yang bisa ‘back to back’ juara Liga Indonesia. Bali United menjadi juara Liga 1 usai unggul 6 poin dari Persib Bandung yang ada di posisi kedua dengan torehan 75 poin.

Bali United berstatus sebagai juara bertahan di Liga 1 musim 2021/2022. Karena pandemi Covid-19, semua laga di Liga 1 digelar melalui sistem ‘bubble’.

Pada awal kompetisi, banyak laga di pusatkan di Jawa Barat. Setelah itu, laga kemudian pindah ke Jawa Tengah dan Jogjakarta.

Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya, Arema FC, Persib dan Bali United, mendominasi persaingan papan atas di putaran pertama Liga 1 musim 2021/2022. Pada akhir putaran pertama, Bhayangkara FC sukses menjadi juara paruh musim.

Masuk putaran kedua, Bali United berbenah. Bali United mendatangkan 2 pemain penting, Eber Bessa dan Privat Mbarga. Kehadiran 2 pemain ini membuat lini serang Bali United lebih menyeramkan.

Eber Bessa menjadi pengatur serangan dari lini tengah. Sementara itu, Privat Mbarga yang berposisi sebagai winger, membuat banyak klub kerepotan.

Pada putaran kedua, kinerja Ilja Spasojevic kian membaik. Ditambah lagi, Stefano Lilipaly kembali menjadi kartu ‘AS’ bagi Bali United.

Satu hal yang sulit dipungkiri, Bali United diuntungkan dengan pemindahan bubble ke Bali United. Semua laga di putaran kedua, digelar di Bali.

Alhasil, semua kombinasi tadi membuat Bali United tak tertahankan di putaran kedua. Satu per satu tim calon juara seperti Arema FC, Persebaya Surabaya hingga Bhayangkara FC ‘menyerah’.

Persaingan ketat terjadi antara Persib Bandung dan Bali United. Namun, mentalitas pemain Bali United lebih baik dari Persib Bandung.

Saat Persib Bandung kerap tersandung saat melawan klub kecil, Bali United seperti sulit untuk ditahan. Bali United akhirnya menyegel gelar juara pada pekan ke-32 usai Persib ditahan imbang Persik Kediri dengan skor 1-1.

Dua laga sisa di putaran kedua, tak menentukan lagi. Pada akhir musim, Bali United menjadi juara dengan mengumpulkan 75 poin. Bali United unggul 6 poin dari Persib Bandung yang ada di posisi kedua dengan 69 poin.

Penyerang tengah Bali United, Ilja Spasojevic, menjadi top skor Liga 1 musim 2021/2022 dengan torehan 23 gol. Bali United menjadi tim pertama pada era Liga Indonesia yang bisa back to back juara Liga 1.

Bali United pun menyamai raihan juara dari Persib, Persija, Persebaya, Persik hingga Sriwijaya FC sudah 2 kali juara Liga Indonesia. Bali United hanya kalah dari Persipura Jayapura yang masih menjadi juara terbanyak Liga Indonesia dengan torehan 4 kali juara Liga Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here