Bolazola – Seperti yang telah kita lihat di Piala Dunia, teknologi telah membuat pekerjaan wasit lebih mudah dalam beberapa hal. Sementara VAR masih diperdebatkan, harus dikatakan bahwa teknologi offside semi-otomatis terbilang sukses sejauh ini.

Menurut Gazzetta Dello Sport, wasit Italia kini sedang menguji teknologi tersebut di pusat pelatihan dan idenya adalah untuk menerapkannya pada bulan Januari. Dengan kata lain, segera setelah liga kembali berjalan setelah jeda Piala Dunia 2022.

Teknologi tersebut harus disetujui oleh FIGC dan Lega Serie A, tetapi wasit akan mendapatkan lampu hijau pada waktunya. Ini akan membuat tugas wasit menjadi lebih mudah, karena sistem semi-otomatis menggunakan teknologi canggih untuk melacak bola.

Sesuai situs resmi FIFA, cara kerjanya seperti ini: “Teknologi baru ini menggunakan 12 kamera pelacak khusus yang dipasang di bawah atap stadion untuk melacak bola dan hingga 29 titik data dari setiap pemain, 50 kali per detik, menghitung posisi persisnya di lapangan. 29 poin data yang dikumpulkan mencakup semua anggota tubuh dan ekstremitas yang relevan untuk melakukan panggilan offside”.

Keputusan yang dibuat oleh sistem kemudian diteruskan ke wasit VAR, yang memiliki kesempatan untuk memeriksa ulang keputusan tersebut.

Hal ini tentu cara yang baik untuk menghindari menunggu keputusan offside dalam waktu lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here