trofi Euro.
trofi Euro.

Inggris dan Republik Irlandia Ajukan 10 Stadion Demi Jadi Tuan Rumah Euro 2028

Posted on

Bolazola – Inggris dan Republik Irlandia akan menjadi tuan rumah Euro 2028, yang diprediksi menjadi kejuaraan Eropa yang paling banyak ditonton jika tawaran bersama mereka berhasil.

Tawaran bersama dari lima asosiasi sepak bola, yang secara resmi diajukan ke UEFA pada hari Rabu (12/4/2023), mencatat sebagai “risiko rendah, imbalan tinggi” dalam pernyataan bersama.

“Kemitraan lima arah kami yang berpionir akan menyajikan Euro yang memecahkan rekor dan tak terlupakan. Bersama-sama, kami ingin Euro 2028 menjadi katalisator untuk era baru yang berkelanjutan bagi sepak bola, dari akar rumput hingga puncak permainan,” demikian pernyataan dari Asosiasi Sepak Bola Republik Irlandia, Inggris, Skotlandia, dan Wales.

Para penawar bersama mengatakan bahwa akan ada rekor tiga juta tiket yang tersedia dengan kapasitas stadion rata-rata 58.000 penonton, dan 80% pemegang tiket dapat tiba dengan transportasi umum.

Kelima asosiasi sepak bola tersebut memutuskan untuk tidak mengajukan tawaran untuk Piala Dunia 2030 demi fokus pada Euro setelah melakukan studi kelayakan yang menganalisis dampak ekonomi dan perkiraan biaya menggelar turnamen internasional besar.

Menurut tawaran tersebut, sebuah tawaran yang berhasil akan menghasilkan manfaat sosial-ekonomi kumulatif hingga 2,6 miliar poundsterling untuk negara tuan rumah.

Tawaran ini memiliki dukungan penuh dari pemerintah masing-masing, yang dalam pernyataan bersama: “Ini akan menjadi acara olahraga terbesar yang pernah digelar bersama di pulau kami, perayaan yang penuh semangat dan tak terlupakan, dengan manfaat jangka panjang bagi kota dan masyarakat kami serta seluruh sepak bola Eropa.”

Sementara UEFA menyatakan bahwa kualifikasi otomatis sebagai tuan rumah tidak akan dijamin jika lebih dari dua negara mengajukan tawaran bersama.

Stadion-stadion yang diusulkan untuk tawaran Inggris dan Republik Irlandia telah diumumkan bulan lalu, termasuk enam stadion di Inggris seperti Wembley Stadium, London Stadium, Villa Park, dan stadion Everton yang belum dibangun.

Aviva Stadium di Dublin dan Croke Park, serta Windsor Park di Belfast akan menjadi tuan rumah pertandingan bersama dengan Hampden Park di Glasgow dan Principality Stadium di Cardiff.

Turki juga mengajukan tawaran untuk Euro 2028 dan 2032, sebagai upaya keenam berturut-turut mereka untuk menjadi tuan rumah kejuaraan Eropa. Namun keputusan UEFA akan diumumkan pada bulan September.

Italia bermaksud untuk mengajukan penawaran tetapi sekarang akan fokus pada upaya untuk menggelar Euro 2032 sementara tawaran dari Rusia dikesampingkan setelah invasi negara itu ke Ukraina tahun lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *