Skuat Garuda Nusantara dalam sesi latihan.
Skuat Garuda Nusantara dalam sesi latihan.

Garuda Nusantara Jalani Piala Asia U-20 2023 dengan Suhu Rendah

Posted on

Bolazola – Timnas Indonesia U-20 tidak hanya bersiap untuk menghadapi Irak pada pertandingan pertama Grup A Piala Asia U-20 2023 pada Rabu (1/3/2023), namun juga harus melawan cuaca dingin di Uzbekistan.

Menurut laman Weather.com, suhu udara di Tashkent pada Senin (27/2/2023) siang mencapai 10-15 derajat Celsius dan turun menjadi 2-5 derajat Celsius pada malam hari.

Pada hari pertandingan, Rabu (1/3/2023), suhu udara diprediksi akan mencapai 10-18 derajat Celsius pada pagi hingga siang hari, dan 5-8 derajat Celsius pada malam hari.

Hal tersebut sangat dingin bagi pemain Timnas Indonesia U-20 yang biasanya bermain di suhu udara yang hangat, di mana rata-rata suhu udara di Indonesia pada pagi, siang, dan malam hari adalah antara 28 hingga 35 derajat Celsius.

Sedangkan mengacu pada unggahan Kedutaan Besar Indonesia di Uzbekistan pada Senin (27/2/2023), Muhammad Ferarri dkk telah mulai beradaptasi dengan cuaca dingin.

Tim asuhan Shin Tae Yong berlatih pada malam hari dengan menggunakan kostum lengan panjang dan sarung tangan untuk melindungi diri dari cuaca dingin dan angin malam.

“Musim dingin tidak menghalangi Timnas U-20 Indonesia untuk segera latihan bahkan di hari pertama ketibaan di Uzbekistan. Salam olahraga!” caption akun Instagram Kedutaan Besar Indonesia di Uzbekistan.

Timnas Indonesia U-20 dijadwalkan akan melawan Irak pada hari Rabu (1/3/2023) pukul 17.00 waktu Uzbekistan atau pukul 19.00 WIB di Stadion Lokomotiv, Tashkent, seperti yang telah diumumkan oleh AFC.

Kondisi lapangan latihan Timnas Indonesia U-20 di Uzbekistan.
Kondisi lapangan latihan Timnas Indonesia U-20 di Uzbekistan.

Lapangan Latihan yang Membuat STY Kecewa

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, merasa tidak puas dengan tempat latihan untuk Piala Asia U-20 2023 yang disediakan di Uzbekistan karena lapangannya tidak rata.

Pada Minggu (26/2/2023), Timnas Indonesia U-20 berlatih di Stadion Pakhtakor Football Club. Namun, rumputnya tidak rata, sebagian ada dan sebagian lagi tidak. Melalui website dan akun Instagram @PSSI, pihak PSSI menunjukkan gambar lapangan Stadion Pakhtakor Football Club pada Senin (27/2/2023) yang tidak layak untuk digunakan oleh Timnas Indonesia U-20.

“Jujur, saya tidak bisa mengerti situasi ini. Apalagi lapangan ini kami pakai latihan untuk Piala Asia U-20. Jadi, saya tidak bisa membayangkan fasilitas latihan seperti ini,” kata Shin Tae-yong.

Sebelumnya, pada Sabtu (25/2), Timnas Indonesia U-20 berlatih di Stadion JAR, Tashkent. Namun, kondisi lapangan tidak jauh berbeda dengan Stadion Pakhtakor Football Club.

Akun Instagram Kedutaan Besar (Kedubes) RI di Tashkent, @indonesiaintashkent sempat mengunggah video latihan Timnas Indonesia U-20 di Stadion JAR pada Senin (27/2/2023).

“Musim dingin tidak menghalangi Timnas Indonesia U-20 untuk segera latihan bahkan pada hari pertama tiba di Uzbekistan,” tulis akun Instagram tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *