Redouan El Yaakoubi.
Redouan El Yaakoubi.

Gara-Gara Spanduk ‘OneLove’, Kapten Klub Belanda Ini Lepas Jabatan

Posted on

Bolazola – Bek Excelsior Rotterdam, Redouan El Yaakoubi, telah melepaskan posisi kapten klub setelah menolak berfoto bersama spanduk ‘OneLove’ sebelum pertandingan kasta tertinggi Belanda, Eredivisie, pada Selasa (28/3/2023).

Kejadian tersebut terjadi pada 19 Maret sebelum kemenangan 4-1 Excelsior atas SC Cambuur di kandang dan telah menghasilkan keputusan bersama antara El Yaakoubi dan klub untuk mencari kapten baru.

Kampanye ‘OneLove’ menganut inklusivitas, koneksi, toleransi, dan menentang segala bentuk diskriminasi.

“Tidak duduk di belakang spanduk besar OneLove saat foto tim telah menimbulkan banyak kebisingan dan kesalahpahaman, baik secara internal maupun eksternal,” Excelsior di website resmi mereka.

Klub menambahkan bahwa mereka tidak akan pernah mengeluarkan siapa pun “berdasarkan warna kulit, asal, agama, atau preferensi seksual. Tetapi juga tidak akan mengeluarkan siapa pun berdasarkan pendapat mereka sendiri”.

“Walaupun kami terutama adalah klub sepak bola, kami menyadari lebih baik dari siapa pun bahwa kami juga memiliki fungsi sosial dan kami melakukannya setiap hari,” tambah pernyataan tersebut.

“Aksi OneLove, bagaimanapun, telah membuat suasana menjadi tegang. Memaksa orang melakukan sesuatu bukanlah cara yang tepat. Oleh karena itu, demi kepentingan klub, pemain, dan tujuan olahraga, kami bersama-sama memutuskan untuk menempatkan ban kapten di tempat lain di dalam tim sehingga baik klub maupun pemain merasa bebas dan nyaman dalam peran mereka,” jelas pernyataan Excelsior.

Excelsior berada di posisi ke-15 dalam klasemen Eredivisie dengan 23 poin dari 26 pertandingan, dua poin di atas zona play-off degradasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *