Real Madrid.
Real Madrid.

Barcelona Terlibat Skandal Wasit, Real Madrid Siapkan Tuntutan Hukum

Posted on

Bolazola Real Madrid akan bergabung dengan pengaduan yang diajukan pada hari Jumat mendatang oleh jaksa Spanyol terhadap Barcelona dan dua mantan presiden klub La Liga tersebut atas dugaan pembayaran kepada perusahaan yang dimiliki oleh pejabat wasit senior untuk mempengaruhi hasil pertandingan.

Sang juara Liga Champions dan La Liga mengadakan pertemuan dewan mendesak untuk membahas dugaan upaya oleh Barcelona untuk mempengaruhi wasit dan memutuskan untuk mengambil tindakan hukum atas apa yang mereka sebut “tuduhan serius” oleh jaksa.

“Real Madrid mengungkapkan keprihatinan mendalam mereka tentang keseriusan fakta dan menegaskan kembali kepercayaan penuh mereka pada tindakan keadilan dan telah sepakat bahwa, untuk membela kepentingan sah mereka, mereka akan bergabung dalam pengaduan segera setelah hakim menangani kasus ini,” Real Madrid dalam pernyataan resmi.

Barcelona diduga membayar lebih dari 7,3 juta euro antara 2001 dan 2018 kepada perusahaan milik Jose Maria Enriquez Negreira, yang merupakan wakil presiden komite wasit asosiasi sepak bola Spanyol periode 1993-2018.

Jaksa menuduh bahwa di bawah perjanjian rahasia dan “dengan imbalan uang”, Negreira lebih memilih Barcelona “dalam keputusan yang diambil oleh wasit dalam pertandingan yang dimainkan oleh klub, serta hasil kompetisi”.

Barcelona

Seorang pejabat senior Barcelona mengatakan pada akhir pekan lalu bahwa klub mengharapkan pengaduan jaksa dan menggambarkannya sebagai “tidak lebih dari hipotesis investigasi awal”.

Pejabat itu mengatakan klub “akan sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan dengan segala cara yang diperlukan” dan “menegaskan kembali bahwa mereka tidak pernah membeli wasit atau mencoba mempengaruhi keputusan pejabat mana pun”.

Presiden Barca Joan Laporta menegaskan klub tidak bersalah dalam pesan yang diposting di Twitter pada hari Minggu (12/3/2023).

“Penggemar Barca, tenang. Barca tidak bersalah atas apa yang dituduhkan kepada kami dan menjadi korban kampanye melawan kami di mana semua orang sekarang terlibat. Tidak mengherankan. Kami akan membela Barca dan membuktikan ketidakbersalahan klub. Banyak yang harus mengoreksi diri mereka sendiri,” kata Joan Laporta.

Baca juga : AC Milan Lolos ke Perempatfinal Liga Champions, Maldini Bilang Begini

Dalam sebuah pernyataan bulan lalu, Barca membantah melakukan kesalahan, dengan mengatakan mereka hanya membayar konsultan eksternal yang memberi mereka “laporan teknis terkait wasit profesional”, menyebutnya sebagai “praktik umum di antara klub sepak bola profesional”.

Keluhan tersebut berfokus pada 2,9 juta euro yang dibayarkan antara 2014 dan 2018 dan menuduh bahwa Barcelona – dengan bantuan mantan presiden Sandro Rosell dan Josep Maria Bartomeu – mencapai “perjanjian lisan rahasia” dengan Negreira.

Hal itu menuduh klub, Rosell, Bartomeu, Negreira dan dua mantan pejabat Barcelona lainnya melakukan korupsi dalam olahraga, administrasi yang tidak adil dan pemalsuan dalam dokumen perdagangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *