Premier League.
Premier League.

5 Transfer Termahal dalam Sejarah Premier League

Posted on

Bolazola – Premier League bisa dibilang kompetisi liga paling populer di dunia. Popularitas global ini menghasilkan banyak pendapatan berkat hak siar, sponsor, dan penawaran dukungan. Klub Premier League juga mendapat pemilik yang sangat kaya.

Hasilnya, klub-klub papan atas Inggris termasuk yang terkaya di dunia. Ini tercermin dari banyaknya uang yang mereka investasikan di pasar transfer secara teratur. Di jendela transfer musim dingin ini, klub-klub Inggris dikabarkan mengeluarkan uang sebanyak 763 juta euro, sementara klub-klub La Liga membelanjakan total 20 juta euro.

Dan berikut adalah 5 pemain termahal dalam sejarah Premier League.

Antony (Ajax ke Manchester United) – 95 Juta Euro

Antony.
Antony.

Manchester United sangat membutuhkan solusi untuk masalah sayap kanan mereka musim panas lalu. Erik ten Hag baru saja mengambil alih sebagai manajer baru dan dia sedang dalam misi untuk mendapatkan beberapa pemain berkualitas.

Ten Hag menggunakan kemampuan untuk mengikat Antony, salah satu pemain paling tepercaya dari Ajax. Pemain sayap itu mulai menarik perhatian dengan penampilannya bersama Ajax di Eredivisie dan Liga Champions.

Raksasa Belanda tidak mau membiarkannya pergi dengan harga murah. Manchester United harus mengeluarkan 95 juta euro demi menandatangani pemain timnas Brasil itu.

Paul Pogba (Juventus ke Manchester United) – 105 Juta Euro

Paul Pogba.
Paul Pogba.

Manchester United membiarkan Paul Pogba pergi sebagai agen bebas pada tahun 2012 dan itu adalah keputusan yang buruk. Pemain asal Prancis itu bergabung dengan Juventus, di mana ia berkembang menjadi gelandang kelas dunia.

Manchester United memiliki kekurangan kualitas di lini tengah dan mantan manajer Jose Mourinho menginginkan Pogba kembali ke Old Trafford.

Di musim terakhirnya bersama Juventus, Pogba finish sebagai pemberi assist terbanyak (12) bersama Miralem Pjanic.

Manchester United memecahkan rekor transfer mereka dan mengeluarkan 105 juta euro untuk membawa produk akademi mereka kembali ke Premier League. Pogba mengalami periode buruk di Manchester United dan meninggalkan klub musim panas lalu sebagai agen bebas sekali lagi.

Romelu Lukaku (Inter Milan ke Chelsea) – 113 Juta Euro

Romelu Lukaku.
Romelu Lukaku.

Setelah membawa Inter Milan meraih gelar Serie A pada musim 2020-21 yang merupakan musim pertama mereka dalam 11 tahun, nilai Romelu Lukaku meningkat pesat. Mantan klubnya, Chelsea, sedang mencari striker mematikan dan mereka mengidentifikasi pemain Belgia itu sebagai target utama.

Lukaku ditandatangani senilai 113 juta euro pada musim panas 2021. Setelah memulai musim dengan awal yang baik, performa mantan striker Manchester United itu menurun secara drastis.

Lukaku juga memberikan wawancara kontroversial kepada awak media pada akhir Desember 2021, di mana dia menyinggung klub. Hal ini menyebabkan dia tidak disukai oleh para pendukung setia sisi Stamford Bridge. Akhirnya, Lukaku dipinjamkan ke Inter Milan musim panas lalu.

Jack Grealish (Aston Villa ke Manchester City) – 117,5 Juta Euro

Jack Grealish.
Jack Grealish.

Abu Dhabi United Group membeli Manchester City pada 2008 dan mengubahnya menjadi salah satu klub terkaya di dunia dalam waktu singkat. Uang sandungan kekuatan Manchester City dan mereka mulai merekrut beberapa pemain terbaik dunia.

Manchester City melakukan penandatanganan termahal mereka sepanjang masa dengan mengamankan jasa Jack Grealish dari Aston Villa pada musim panas 2021. Grealish telah membuktikan dirinya sebagai salah satu gelandang serang terbaik di Premier League dan tampaknya ditakdirkan untuk bermain untuk salah satu dari klub terbesar di Eropa.

Manchester City membayar 117,5 juta euro untuk membawanya ke Etihad Stadium. Setelah awalnya sulit beradaptasi, Greish mulai menemukan ritmenya.

Enzo Fernandez (Benfica ke Chelsea) – 121 Juta Euro

Enzo Fernandez.
Enzo Fernandez.

Performa Enzo Fernandez selama musim 2022-23 sangat besar. Benfica mengontraknya dari River Plate musim panas lalu hanya dengan 10 juta euro. Dia tampil bagus di Liga Portugal dan menjadi pemain penting bagi Benfica dalam waktu singkat.

Fernandez kemudian menjadi andalan timnas Argentina selama Piala Dunia 2022. Dia mengesankan semua orang dengan efisiensi dan kemampuan teknisnya yang luar biasa. Penampilan Fernandez di lini tengah sangat penting untuk kemenangan Argentina di Piala Dunia.

Enzo Fernandez dinobatkan sebagai ‘Pemain Muda Terbaik’ turnamen tersebut. Klub-klub top Eropa pun mengincarnya, tetapi langkah Januari tampaknya tidak mungkin. Namun, Chelsea memutuskan untuk mengaktifkan klausul pelepasan 121 juta euro dan menjadikan Fernandez sebagai rekrutan termahal dalam sejarah Premier League.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *