Logo timnas Indonesia.
Logo timnas Indonesia.

5 Pemain Timnas Indonesia Ini Pernah Bela Negara Lain

Posted on

Bolazola – Timnas Indonesia memang kerap mengandalkan pemain naturalisasi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk ketika dilatih Shin Tae-yong. Beberapa di antaranya adalah pemain keturunan yang memulai karir mereka di luar negeri dan ada pula pemain asing yang sudah lama bermain di Indonesia.

Sebelum memutuskan untuk membela timnas senior Indonesia, beberapa pemain ini sebenarnya sudah pernah bermain untuk negara asal mereka meskipun hanya di tingkat kelompok umur. Dan berikut adalah 5 pemain Timnas Indonesia yang pernah membela negara lain.

Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly bersama timnas Indonesia.
Stefano Lilipaly bersama timnas Indonesia.

Stefano Lilipaly adalah salah satu pemain naturalisasi yang berhasil membuktikan kemampuannya bersama Timnas Indonesia.

Ia sudah bermain sebanyak 27 kali untuk timnas Indonesia pada level senior dan mencetak tiga gol. Selain itu, Lilipaly juga sempat bermain untuk timnas U-23 sebanyak lima kali.

Sebelum mengikuti naturalisasi, menurut data Transfermarkt, Stefano Lilipaly pernah membela Timnas Belanda pada tingkat kelompok umur U-16 dan U-17. Meskipun begitu, dia belum pernah dipanggil ke tim senior De Oranje.

Ezra Walian

Ezra Walian bersama timnas Indonesia.
Ezra Walian bersama timnas Indonesia.

Ezra Walian, pemain Persib Bandung saat ini, memang jarang mendapat kesempatan untuk bermain di Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong. Namun, ia sudah bermain sebanyak sembilan kali untuk skuat Garuda dan mencetak tiga gol.

Ezra juga pernah bermain untuk skuat U-23 sebanyak lima kali.

Ezra Walian, yang berasal dari Belanda, sebenarnya pernah membela tim De Oranje sebelum membela Timnas Indonesia. Menurut data Transfermarkt, dia pernah bermain untuk timnas Belanda U-15, U-16, dan U-17.

Sandy Walsh

Sandy Walsh bersama timnas Indonesia.
Sandy Walsh bersama timnas Indonesia.

Sandy Walsh yang telah menjalani proses naturalisasi pada akhir tahun 2022 belum membuat debut untuk Timnas Indonesia. Sebelum dinaturalisasi, dia sempat membela tim nasional Belanda di tingkat kelompok usia.

Menurut data Transfermarkt, Sandy Walsh pernah tampil untuk Timnas Belanda U-15, U-16, U-17, U-18, U-19, dan U-20. Rekor tampil terbanyak Sandy Walsh tercatat saat membela Timnas Belanda U-17 dengan 10 penampilan di bawah arahan pelatih Albert Stuivenberg.

Jordi Amat

Jordi Amat bersama timnas Indonesia.
Jordi Amat bersama timnas Indonesia.

Seperti Sandy Walsh, Jordi Amat baru dinaturalisasi pada akhir tahun 2022 dan sudah menjalani debut untuk Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022. Sebelumnya, Jordi pernah membela Timnas Spanyol U-17, U-19, U-20, dan U-21.

Catatan pemain tersebut menunjukkan Jordi Amat memiliki penampilan terbanyak pada Timnas Spanyol U-21 dengan sebanyak 16 kali pada tahun 2011 di bawah pelatih Luis Milla.

Dalam periode tersebut, Jordi bermain bersama beberapa pemain yang kini terkenal seperti Isco dan David De Gea. Namun, Jordi tidak dipanggil Luis Milla untuk Euro U-21 2011 dimana Spanyol berhasil menjadi juara.

Cristian Gonzales

Cristian Gonzales bersama timnas Indonesia.
Cristian Gonzales bersama timnas Indonesia.

Cristian Gonzales, salah satu pemain naturalisasi yang paling sukses untuk Timnas Indonesia, tercatat pernah bermain untuk timnas Uruguay.

Sebelum berkontribusi dengan 32 penampilan dan 13 gol untuk Timnas Indonesia, Gonzales terlebih dahulu bermain untuk Timnas Uruguay U-20. Kinerjanya sangat mengesankan, tampil sebanyak 25 kali dengan 15 gol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *