Tanpa Cristiano Ronaldo, Timnas Portugal Menang 5-2 Dari Swedia Di Laga Uji Coba

Posted on

Tim nasional Portugal menggapai kemenangan meyakinkan atas Swedia pada pertandingan uji coba bertajuk FIFA Matchday. Tampil di depan sebagian besar fans di Estadio Dom Afonso Henriques, Guimaraes, pada Jumat, 22 Maret 2024 dini hari WIB, Portugal menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan 5-2.

Laga Portugal menghadapi Swedia merupakan pertandingan pemanasan buat kedua tim menjelang Euro 2024 yang bakal digelar di Jerman, bulan Juni kelak.

Pada pertandingan ini, manajer Portugal Roberto Martinez tak menurunkan Cristiano Ronaldo sebab mau memberi waktu istirahat buat sang superstar.

Portugal berhasil menciptakan 5 gol, yang masing-masing diciptakan Rafael Leao di menit ke-24, Matheus Nunes di menit ke-33, Bruno di menit ke-45, Armindo Tue Na Bangna di menit ke-57, serta Goncalo di menit ke-61.

Sedangkan dua gol balasan dari Swedia disumbangkan oleh Viktor Gyokeres pada menit ke 58 serta Gustaf Nilsson pada menit ke 90.

Jalannya Pertandingan :

Penampilan ofensif sudah ditunjukkan tim nasional Portugal sejak pertandingan baru dimulai. Anak didik Roberto Martinez lebih banyak memberikan tekanan melalui sayap kiri yang ditempati Rafael Leao.

Beberapa kali penetrasi sayap milik AC Milan tersebut berhasil menyulitkan lini belakang Swedia. Pada menit ke-15, Leao bergerak dari sebelah kiri dan berhasil menerobos kotak penalti musuh.

Pemain berumur 24 tahun tersebut kemudian memberikan assist pada Goncalo Ramos. Bukannya langsung menendang bola ke gawang, Ramos malah memberi bola pada Matheus Nunes yang datang dari sektor kedua.

Tanpa mengulur waktu, Nunes langsung melepaskan tendangan keras, tapi masih dapat dihalau penjaga gawang Robin Olsen.

Pada menit ke-23, Leao akhirnya berhasil menciptakan gol untuk membawa Portugal unggul lebih dulu. Gol tersebut berawal dari tendangan Bernardo Silva yang mengenai tiang gawang sebelah kanan. Bola kemudian bergerak liar di dalam kotak penalti, selanjutnya langsung disambar Leao dengan tendangan yang mengarah ke sudut kiri atas gawang.

Sembilan menit kemudian, Portugal kembali memperbanyak keunggulan mereka. Kali ini melewati aksi Matheus Nunes yang menerobos kotak penalti, kemudian melesatkan tendangan ke sudut kanan bawah gawang.

Sebelum babak pertama selesai, persisnya pada menit ke-45, Bruno Fernandes berhasil memperbanyak keunggulan Portugal. Nelson Semedo memberikan umpan akurat di depan gawang, Fernandes selanjutnya melepaskan tendangan serta gol. Angka 3-0 buat keunggulan Portugal bertahan sampai turun minum.

Dibabak kedua, Portugal yang sudah unggul 3 gol tidak menurunkan intensitas serangan mereka. Hasilnya, pada menit ke-57 mereka kembali menciptakan gol ke gawang Swedia. Memaksimalkan umpan yang diberikan Bruno Fernandes, Armindo Tue Na Bangna berhasil membukukan namanya di papan skor.

Satu menit setelah itu, Swedia yang tak mau menyerah sukses memperkecil ketinggalan mereka jadi 1-4 melewati gol yang diciptakan Gyokeres.

Tetapi, pada menit ke-61 Portugal kembali menjauh melalui gol tendangan Goncalo Ramos dari dalam kotak penalti.

Sebelum pertandingan usai, persisnya pada menit ke-90, Gustaf Nilsson berhasil menciptakan gol buat Swedia kembali memperkecil ketinggalan.

Pertandingan ini pun berakhir, Timnas Portugal berhasil menang dengan skor 5-2 atas Swedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *