Foto : Dok. PSSI.

Shayne Pattynama Selangkah Lagi Jadi WNI

Posted on

Bolazola– Berita baik datang untuk Timnas Indonesia. Proses naturalisasi dari Shayne Pattynama selangkah lagi selesai. Shayne Pattynama kini tinggal menyelesaikan proses sumpah di Kemenkunham.

Shayne Pattynama menjadi nama ketiga yang menjalani proses naturalisasi. Dua nama sebelumnya adalah Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Dibandingkan dua nama tadi, Shayne Pattynama memiliki usia lebih muda. Shayne Pattynama kini barusia 24 tahun. Shayne Pattynama kini membela Viking FK, klub yang bermain di Eliteserien, kasta tertinggi Liga Norwegia. Shayne Pattynama disebutkan bermain di posisi belakang atau defender.

Proses naturalisas dari Shayne Pattynama sudah berjalan sejak pertengahan tahun 2022 lalu. Terakhir, Presiden RI Joko Widodo resmi menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberian kewarganegaraan kepada Shayne Pattynama.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bersyukur Keppres kepada Shayne sudah selesai. Mochamad Iriawan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung proses naturalisasi ini.

“Alhamdulillah hari ini Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberian kewarganegaraan RI kepada Shayne Pattynama sudah ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo. Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Presiden, Komisi III dan X DPR RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) serta seluruh pihak yang sudah membantu hingga proses ini selesai.” ungkap Mochamad Iriawan, dikutip Bolazola dari laman resmi PSSI.

Mochamad Iriawan mengklaim proses naturalisasi ini berjalan sesuai prosedur dan mekanisme yang ada. Diharapkan, proses perpindahan federasi Shayne pun dapat selesai juga. Kini, Shayne tinggal melakukan sumpah di Kemenkumham.

“Semua sudah sesuai prosedur dan mekanisme. Semoga proses selanjutnya berjalan lancar. Kita sama-sama berharap semua proses bisa berjalan lancar, termasuk proses perpindahan asosiasi” tutup Mochamad Iriawan.

Shayne Pattynama sendiri diproyeksikan akan bermain untuk Timnas Indonesia senior. Salah satu even yang sudah menunggu Shayne Pattynama adalah Piala Asia 2023 yang akan digelar Qatar. Timnas Indonesia menjadi satu dari 24 tim yang akan berlaga di Piala Asia 2023 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *