Jorge Sampaoli.
Jorge Sampaoli.

Sevilla Tunjuk Sosok Ini Sebagai Pengganti Jorge Sampaoli

Posted on

Bolazola – Sevilla telah memecat Jorge Sampaoli menyusul kekalahan 0-2 melawan Getafe yang membuat mereka hanya selisih dua poin dari tiga terbawah klasemen La Liga dengan 12 pertandingan tersisa.

Mantan pelatih Eibar dan Alaves Jose Luis Mendilibar dipekerjakan sebagai pengganti Sampaoli tak lama kemudian.

Keputusan itu datang hanya dua minggu setelah mereka dikalahkan 1-6 oleh Atletico Madrid dan dengan jendela dua minggu hingga pertandingan liga berikutnya, bertandang ke Cadiz.

Sampaoli, 63, adalah pelatih kedua yang dipecat Sevilla musim ini. Dia baru menggantikan Julen Lopetegui pada Oktober tahun lalu, yang dipecat menyusul awal musim mengecewakan.

“Kami telah mengambil keputusan untuk mengakhiri kontrak Sampaoli menyusul kekalahan dari Getafe yang membuat kami berada di ambang zona degradasi,” Sevilla dalam sebuah pernyataan.

“Fakta bahwa tim belum berhasil keluar dari dasar klasemen sejak dia mengambil alih sebagai pelatih, selain penampilan tim dalam beberapa pertandingan terakhir, telah menyebabkan keputusan ini,” tambah penryataan Sevilla.

Jose Luis Mendilibar.
Jose Luis Mendilibar.

Sevilla mengatakan pekerjaan untuk menemukan pengganti sudah berlangsung dan mereka berharap memiliki seseorang dalam waktu dekat.

Menyusul pengumuman tersebut, Sampaoli memposting pesan di akun media sosialnya: “Saya pergi dengan kepala tegak karena sikap (yang ditunjukkan) setiap saat, karena kami berada di perempatfinal Liga Europa dan karena kami menempatkan banyak upaya untuk membawa cerita ini ke depan.”

“Sepak bola tidak selalu mengembalikan insomnia yang kita dedikasikan untuk itu. Tapi saya tidak ragu bahwa itu layak untuk ditawarkan dan menaruh hati saya pada perisai ini,” tambah sang pelatih.

Jorge Sampaoli kembali untuk periode kedua sebagai pelatih Sevilla pada bulan Oktober setelah sebelumnya membawa mereka finish di urutan keempat pada 2017-18 sebelum pergi untuk mengambil pekerjaan di Argentina.

Dia telah memenangkan 13 dari 31 pertandingannya sebagai pelatih musim ini, membantu Sevilla mencapai perempatfinal Liga Europa, di mana mereka akan bertemu Manchester United, tetapi performa liga mereka tidak membaik.

Kemenangan atas Getafe, Cadiz, Elche dan Mallorca pada awal tahun kalender tampaknya menandakan peningkatan, tetapi mereka hanya memenangkan satu dari lima pertandingan liga terakhir sejak saat itu, melawan Almeria.

Mereka berada di urutan ke-14 klasemen La Liga tetapi hanya unggul dua poin dari Valencia dan Almeria, yang menempati posisi ke-18 dan ke-19 di klasemen.

Sevilla finish di empat besar Spanyol dalam tiga musim terakhir, lolos ke Liga Champions dan belum pernah mengakhiri musim di luar 10 besar sejak mereka kembali ke papan atas pada 2001.

Pelatih baru Sevilla Mendilibar, yang menandatangani kontrak hingga akhir musim, melatih Alaves dalam 12 pertandingan musim lalu. Dia menghabiskan sebagian besar karir kepelatihannya dengan Eibar, pertama periode 2004-2005 dan kemudian periode 2015-2021.

Dia juga memiliki tugas panjang dengan Valladolid dan Osasuna, serta periode singkat dengan Athletic Bilbao.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *