Ruben Baraja.
Ruben Baraja.

Ruben Baraja Gantikan Gennaro Gattuso Sebagai Pelatih Valencia

Posted on

Bolazola – Ruben Baraja ditunjuk sebagai pelatih baru Valencia setelah kepergian Gennaro Gattuso.

Dalam waktu kurang dari sembilan tahun, tim tersebut telah memiliki 10 pelatih tetap, termasuk pria 47 tahun itu. Baru menjabat selama tujuh bulan, Gennaro Gattuso mengundurkan diri bulan lalu.

Antara tahun 2000 dan 2010, Baraja berpartisipasi dalam 364 pertandingan untuk Valencia dan mendapatkan 43 caps dengan timnas Spanyol.

Dan berikut adalah pernyataan resmi Valencia: “’Pipo’, salah satu pemain paling berprestasi dan terkenal dalam sejarah Valencia CF, mengetahui keistimewaan klub dan kembali ke rumah untuk berkontribusi dengan profesionalisme dan komitmennya sebagai pelatih setelah menempa cara bermainnya yang legendaris di tahun 2000-an dengan membantu memenangkan dua gelar La Liga, Piala UEFA, Piala Super UEFA, dan Copa del Rey.”

“Dalam beberapa hari mendatang dia akan memimpin tim di Ciutat Esportiva de Paterna dan staf pelatihnya akan menyertakan legenda Valencia CF lainnya, Carlos Marchena,” tambah pernyataan klub.

Elche, Rayo Vallecano, Sporting Gijon, Tenerife, dan Real Zaragoza adalah beberapa klub yang dikelola Baraja. Menyusul pengunduran diri Gattuso, Voro Gonzalez, yang menjabat sebagai pelatih sementara untuk kedelapan kalinya, kalah dalam ketiga pertandingannya sebagai pelatih.

Profil Ruben Baraja

Ruben Baraja Vegas lahir pada 11 Juli 1975. Saat ini dia adalah pelatih baru Valencia. Dia adalah seorang gelandang tengah yang lengkap untuk Valencia selama 17 tahun karir profesionalnya, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap lima kemenangan besar tim, termasuk dua gelar La Liga.

Ruben Baraja memiliki teknik yang baik, kualitas ofensif, umpan akurat, dan kemampuan mencetak gol.

Ruben Baraja menghabiskan lima tahun sebagai anggota timnas Spanyol, berpartisipasi dalam satu Piala Dunia dan satu Euro sambil mendapatkan 43 caps.

Karir Kepelatihan

Sebagai anggota staf kepelatihan Atletico Madrid di bawah asuhan Gregorio Manzano pada Juni 2011, Baraja bergabung kembali dengan skuat sebelumnya. Dia kembali ke klub utama Valencia pada musim panas 2013, pertama bekerja dengan tim junior dan kemudian tim cadangan.

Pada 12 Juli 2015, Ruben Baraja terpilih memimpin Elche CF, tim yang baru saja diturunkan ke divisi dua. Dia mengundurkan diri pada 6 Juni tahun berikutnya setelah gagal mencapai kesepakatan baru.

Ruben Baraja mengambil alih kepelatihan Rayo Vallecano pada 8 November 2016. Dia dipecat pada 20 Februari 2017, saat tim berada satu poin di atas zona degradasi, setelah hanya meraih tiga kemenangan dalam 13 pertandingan.

Pada 12 Desember 2017, Ruben Baraja melatih Sporting Gijon. Dia diberi skorsing empat pertandingan dan denda 3.005 euro menjelang akhir musim karena mengganggu Sergi Palencia dari tim Barcelona B saat melakukan lemparan ke dalam, dan ini termasuk pertandingan play-off pertama, di mana Real Valladolid akhirnya menjadi juara dengan mengalahkan Asturians 5-2 secara agregat di semifinal.

Setelah Real Oviedo mengalahkan tim asuhan Ruben Baraja dalam derby Asturian pada 18 November 2018, Baraja dipecat, meninggalkan tim di posisi ke-14 dengan hanya satu kemenangan dalam 11 pertandingan sebelumnya.

Ruben Baraja ditunjuk sebagai pelatih CD Tenerife di divisi yang sama pada bulan Desember tahun berikutnya. Ia berhasil membawa tim menghindari degradasi namun hengkang pada 20 Juli 2020.

Pada 20 Agustus 2020, Ruben Baraja melatih Real Zaragoza sebagai pengganti V. Fernández. Dia dilepaskan dari posisinya pada 9 November sebagai akibat dari awal musim yang buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *