Rangers Pecat Giovanni van Bronckhorst, Begini Alasannya

0
7
Giovanni van Bronckhorst.
Giovanni van Bronckhorst.

Bolazola – Rangers telah memecat Giovanni van Bronckhorst setelah setahun bertugas, dengan klub berbasis Ibrox terpaut sembilan poin dari Celtic dalam perburuan gelar Liga Utama Skotlandia.

Pelatih asal Belanda itu mengelola tim pada November 2021, membimbing timnya ke final Liga Europa dan mengangkat gelar Piala Skotlandia musim lalu.

Namun, setelah menjalani babak penyisihan grup Liga Champions terburuk yang pernah ada dan semakin jauh dari peluang memenangkan gelar, masa jabatan 12 bulan Van Bronckhorst dipastikan berakhir.

“Saya ingin berterima kasih kepada Gio atas kerja keras yang dia lakukan selama 12 bulan terakhir dan, terutama, pencapaian membawa klub ke final Liga Europa dan menjuarai Piala Skotlandia musim lalu,” kata ketua Rangers Douglas Park.

“Sayangnya, hasil akhir-akhir ini tidak sesuai dengan harapan kami maupun Gio, dan kami telah mengambil keputusan sulit ini hari ini. Semua orang di Rangers berharap Gio sukses di masa depan,” tuturnya kemudian.

Hasil imbang 1-1 di St Mirren pada 12 November berarti Rangers kehilangan poin dalam tiga dari lima pertandingan liga terakhir, menyusul kekalahan akhir pekan sebelumnya di St Johnstone dan hasil imbang di kandang dengan Livingston.

Kekalahan telak dari juara bertahan Celtic dan Ajax, Liverpool serta Napoli di Liga Champions membuat Van Bronckhorst berada di bawah tekanan yang terus membesar, dengan beberapa rekrutan musim panas klub berjuang untuk memberikan pengaruh.

John Souttar dan Tom Lawrence melewatkan sebagian besar musim karena cedera, sementara Rabbi Matondo dan Ridvan Yilmaz memiliki waktu bermain yang terbatas.

Klub berbasis Ibrox mengalahkan Union Saint-Gilloise dan PSV Eindhoven di kualifikasi Liga Champions untuk meningkatkan keuntungan finansial klub di awal musim, tetapi mereka telah kalah sembilan dari 27 pertandingan di semua kompetisi musim ini, menang 14 kali.

Setelah melaporkan keuntungan operasional sebesar 5,9 juta poundsterling untuk musim lalu, Rangers akan mengadakan pertemuan tahunan mereka awal bulan depan dan melanjutkan musim liga mereka di kandang melawan Hibernian pada 15 Desember.

Rangers akan menghadapi Aberdeen di semifinal Piala Liga dan mulai mencoba mempertahankan status juara Piala Skotlandia pada bulan Januari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here