Bayern Munich memenangkan Bundesliga 2022-23.
Bayern Munich memenangkan Bundesliga 2022-23.

Raih Gelar Bundesliga, Bayern Munich Pecat Dua Sosok Ini

Posted on

Bolazola – Perayaan gelar Bundesliga milik Bayern Munich segera terlupakan oleh dampak keputusan klub untuk memecat Oliver Kahn dan Hasan Salihamidžić dari posisi eksekutif teratas.

Bayern Munich berhasil meraih gelar liga Jerman pada menit terakhir musim pada hari Sabtu (27/5/2023) dengan Jamal Musiala membawa kemenangan 2-1 atas FC Koln dengan gol pada menit akhir sehingga tim itu finish di atas Borussia Dortmund berdasarkan selisih gol.

Tak lama setelah itu, klub mengumumkan bahwa dewan pengawasnya telah memutuskan untuk memecat Kahn sebagai direktur utama dan Salihamidžić sebagai direktur olahraga.

“Alih-alih merayakan, sekarang kami punya masalah berikutnya,” kata pelatih Bayern Munich Thomas Tuchel.

Hasan Salihamidžić dan Oliver Kahn.
Hasan Salihamidžić dan Oliver Kahn.

Kahn dan Salihamidžić telah menghadapi tekanan setelah penurunan performa Bayern Munich musim ini. Persaingan gelar Bundesliga kali ini menjadi yang paling ketat dalam beberapa tahun setelah Bayern Munich dengan mudah memenangkan 10 gelar sebelumnya, sementara mereka juga tersingkir di perempatfinal Liga Champions dan DFB-Pokal.

Presiden klub Herbert Hainer kemudian mengatakan keputusan untuk memecat kedua pria tersebut telah diambil pada Jumat, sebelum keberhasilan mengejutkan Bayern Munich di Bundesliga.

Borussia Dortmund memimpin dengan selisih dua poin saat memasuki pertandingan terakhir dan hanya perlu mengalahkan Mainz di kandanguntuk memastikan menjadi juara liga Jerman. Namun, mereka hanya bermain imbang 2-2.

Salihamidžić berada di Koln untuk pertandingan terakhir Bayern Munich, tetapi Kahn tidak ikut pergi.

“Saya tidak diizinkan oleh klub,” tulis Kahn di Twitter, yang menentang klaim klub bahwa ia melewatkan pertandingan atas saran dokter.

Sedangkan Thomas Tuchel tampak terkejut dengan keputusan klub untuk memecat dua orang yang telah membawanya ke klub sebagai pengganti Julian Nagelsmann pada Maret lalu.

“Saya tahu tentang itu sejak kemarin. Keduanya bertanggung jawab atas perjalanan kita bersama. Itulah sebabnya saya harus memprosesnya sekarang. Tapi saya mengasumsikan bahwa saya akan melanjutkan perjalanan saya di Bayern,” kata Tuchel setelah kemenangan timnya.

Bayern Munich mengatakan wakil ketua dewan pengawas Jan-Christian Dreesen akan menggantikan Kahn sebagai CEO, sementara pengganti Salihamidžić masih harus dicari.

Kahn, mantan kiper timnas Jerman dan Bayern Munich, kembali ke klub pada tahun 2020 dengan kontrak 5 tahun, awalnya sebagai anggota dewan pengawas sebelum mengambil alih tugas Karl-Heinz Rummenigge sebagai ketua dan CEO pada tahun 2022.

Kahn bergabung dengan Bayern Munich dari Karlsruher SC pada tahun 1994 dan berhasil memenangkan delapan gelar Bundesliga, enam DFB-Pokal, dan Liga Champions pada tahun 2001. Salihamidžić adalah rekannya dalam memenangkan enam gelar liga dan empat gelar DFB-Pokal.

Kahn tampil sebanyak 86 kali untuk timnas Jerman, memenangkan Kejuaraan Eropa pada tahun 1996 dan menjadi runner-up Piala Dunia pada tahun 2002. Ia dinobatkan sebagai kiper terbaik dunia sebanyak tiga kali, kiper terbaik Eropa empat kali, dan pemain sepak bola terbaik Jerman dua kali.

Sementara itu, Salihamidžić menjadi direktur olahraga Bayern pada tahun 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *