Joao Mendes.
Joao Mendes.

Putra Ronaldinho Resmi Gabung ke Barcelona

Posted on

Bolazola – Mengikuti jejak sepak bola seorang ayah yang terkenal bisa jadi rumit bagi pemain muda mana pun dan tugas itu bahkan lebih sulit ketika sang ayah adalah legenda Brasil Ronaldinho.

Mantan superstar PSG, Barcelona dan AC Milan ini menikmati karir yang luar biasa sebagai salah satu pemain terbaik generasi saat ia menjadi sorotan di level klub dan negara dari tahun 2000 hingga 2011.

Namun, semangat sepak bola keluarga kini telah diberikan kepada putra satu-satunya – Joao de Assis Moreira – dengan pemain berusia 18 tahun itu sekarang menjadi bagian dari tim Barcelona.

Remaja tersebut – umumnya dikenal sebagai Joao Mendes – tidak memiliki klub selama lebih dari 12 bulan setelah memutuskan untuk meninggalkan Cruzeiro.

Apakah Putra Ronaldinho Gabung ke Barcelona?

Kabar bergabungnya Joao Mendes ke Barcelona diungkapkan oleh ayahnya, saat wawancara dengan stasiun radio Spanyol RAC1, menyusul trial di klub tersebut pada Januari.

Barcelona mengonfirmasi penandatanganannya pada 2 Maret 2023 dengan Joao Mendes secara resmi bergabung dengan tim U-19 mereka.

Presiden Barca Joan Laporta dilaporkan turun tangan untuk meminta kesepakatan untuk Joao Mendes sebagai bagian dari perpanjangan trial di Camp Nou.

“Tekanan pada bocah itu sangat besar, karena Ronaldinho telah menjadi salah satu yang terbaik dalam sejarah. Putranya mendapat tekanan, tetapi tugas pelatih kami untuk mengembangkan keterampilannya,” kata Joan Laporta.

Mengenal Anak Ronaldinho?

Joao Mendes adalah satu-satunya anak dari Ronaldinho dan mantan istrinya Janaína Mendes, dan lahir pada tahun 2005 di Rio de Janeiro, selama ayahnya di Barcelona.

Dia telah bermain sepak bola di negara asalnya Brasil sejak usia muda, dengan menempa bakat di akademi Flamengo, Boavista-RJ dan Vasco da Gama, sebelum bergabung dengan Cruzeiro pada usia 13 tahun.

Meskipun menjadi putra dari salah satu pesepakbola hebat sepanjang masa Brasil, Joao Mendes memilih untuk tidak mengungkapkan ketenaran ayahnya selama trial pertamanya di Cruzeiro, dengan berita tersebut muncul setelah dia menandatangani kesepakatan di klub.

Cruzeiro terkesan dengan kemajuannya di level muda, dan menyetujui kontrak profesional berdurasi enam tahun pada 2019, sebelum dia memilih untuk meninggalkan klub pada Januari 2022.

Posisi, Keahlian dan Citra

Tidak mengherankan, perbandingan dengan ayahnya langsung dalam karir muda Joao Mendes, dengan remaja itu digambarkan sebagai pemilik ‘kaki cepat dengan ancaman mencetak gol’.

Dia diperkirakan memiliki gaya yang berbeda dari ayahnya, beroperasi di posisi apa pun di semua lini depan, dengan kecepatan dan kontrol jarak dekat sebagai kekuatan utamanya.

Perbandingan akan berlanjut untuk bintang muda terbaru yang tiba di akademi La Masia, tetapi tekanan akan lebih tinggi untuk rekrutan terbaru mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *