Erick Thohir dan Shin Tae-yong.
Erick Thohir dan Shin Tae-yong.

PSSI Dirumorkan Lepas STY dan Rekrut Pelatih Lebih Terkenal?

Posted on

Bolazola – Media Vietnam, Soha.vn, melepaskan rumor bahwa PSSI kemungkinan tidak akan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong (STY) sebagai pelatih Timnas Indonesia. Menurut Soha.vn, PSSI akan mencari pelatih yang lebih terkenal.

Ada dua alasan yang menjadi dasar pernyataan Soha.vn bahwa PSSI tidak akan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong.

Pertama, PSSI kini tidak lagi dipimpin oleh Mochamad Iriawan, yang dianggap sebagai ‘pelindung’ Shin Tae-yong. Kedua, statistik kinerja Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia dinilai tidak begitu memuaskan.

Menurut Soha.vn menuliskan keterangan: “Menurut para ahli, Shin Tae-yong sulit dipertahankan oleh Presiden Erick Thohir dalam jangka waktu yang lama. Hal ini disebabkan oleh kepergian Mochamad Iriawan, yang sebelumnya menjadi pelindung Shin Tae-yong di dalam PSSI. Selain itu, rekam jejak Shin Tae-yong dianggap tidak cukup memukau untuk meyakinkan pimpinan baru. Shin Tae-yong gagal memenangkan dua Piala AFF terakhir, dan tidak dapat membawa tim tuan rumah mencapai final di SEA Games 31.”

Erick Thohir, selaku Ketua Umum PSSI yang baru, dikabarkan tidak terlalu terkesan dengan pencapaian Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Dengan sumber daya finansial yang besar, Thohir dikatakan akan mencari pelatih yang lebih terkenal untuk membawa Timnas Indonesia ke level yang lebih tinggi.

Soha.vn juga menambahkan bahwa Erick Thohir adalah orang yang sangat tekun dalam menyatakan strategi membangun sepak bola Indonesia. Sebagai seorang miliarder, ia juga tidak ragu-ragu untuk mengeluarkan dana besar untuk membawa pelatih yang lebih terkenal daripada Shin Tae-yong. Oleh karena itu, jika tidak terjadi perubahan dalam 10 bulan ke depan, kemungkinan besar STY harus pergi.

Apabila kabar tersebut benar, maka turnamen terakhir yang akan dipimpin oleh Shin Tae-yong adalah Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung pada Oktober hingga November mendatang.

Hal lain yang menjadi kerugian bagi Shin Tae-yong adalah tidak bisa memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang semula dijadwalkan pada Januari 2024. Hal ini dikarenakan Qatar yang merupakan tuan rumah memundurkan jadwal penyelenggaraannya.

Namun, Shin Tae-yong merupakan sosok pelatih yang berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Dengan keberhasilannya, pelatih berusia 52 tahun ini mengantarkan Skuat Garuda ke ajang antarnegara benua Asia.

Meskipun demikian, saat ini Shin Tae-yong tengah fokus pada Piala Asia U-20 2023 yang akan dimulai pada 1-18 Maret 2023. Setelah itu, baru pelatih asal Korea Selatan ini akan beralih fokus ke Piala Dunia U-20 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *