Foto : PSSI.Org.
Presidium Nasional Suporter Sepakbola dikukuhkan oleh Menpora

Presidium Nasional Suporter Sepakbola Resmi Dikukuhkan oleh Menpora

Posted on

Bolazola–  Menpora baru saja mengukuhkan Presidium Nasional Suporter Sepakbola. Menpora mengklaim suporter merupakan bagian penting bagi dunia sepakbola Indonesia.

Presidium Nasional Suporter Sepakbola resmi dikukuhkan di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Rabu, 22 Februari 2023. Pengukuhan ini langsung dipimpin oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Disebutkan, wadah suporter merupakan amanat dari UU No 11 tahun 2022 Tentang Keolahragaan. Menpora Zainudin Amali menegaskan suporter adalah bagian penting bagi dunia sepakbola Indonesia. Zainudin Amali ingin suporter juga sama-sama menjaga sepakbola Indonesia.

“Suporter menjadi bagian dari persepakbolaan kita. Jadi kita ingin supaya bagaimana kita bersama-sama mengelola suporter ini agar kemudian aman dan selamat,” kata Zainudin Amali, dikutip Bolazola dari laman resmi PSSI, pada hari Rabu, 22 Februari 2023.

Soal wadah suporter ini, Zainudin Amali diharapkan Presidium Nasional Suporter Sepakbola dapat mengelola suporter bersama-sama dengan pemerintah.

“Suporter menjadi bagian dari persepakbolaan kita jadi kita ingin supaya bagaimana kita bersama-sama mengelola suporter ini agar kemudian aman dan selamat,’’ tambah Zainudin Amali.

Sepakbola Indonesia menghadapi gejolak paska Tragedi Kanjuruhan di awal bulan Oktober 2022 lalu. Setelah itu, KLB PSSI terjadi pada bulan Februari 2023 lalu. Terjadi perubahan dalam struktur pengurus PSSI.

Presidium Nasional Suporter Sepakbola menjadi salah satu inisiasi dari pihak Kemenpora dalam menghadapi masalah suporter di Indonesia. Beberapa pentolan suporter di Indonesia masuk dalam Presidium Nasional Suporter Sepakbola, salah satunya adalah Herru Joko, mantan Ketua Umum Viking Persib, salah satu klub suporter Persib Bandung.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *