Noel Le Graet dan Zinedine Zidane.
Noel Le Graet dan Zinedine Zidane.

Presiden Federasi Sepak Bola Prancis ‘Mundur’ Setelah Menyinggung Zidane?

Posted on

Bolazola – Noel Le Graet telah mengundurkan diri dari tugasnya sebagai presiden Federasi Sepak Bola Prancis (FFF), beberapa hari setelah membuat pernyataan meremehkan tentang legenda sepak bola Prancis Zinedine Zidane.

“Noel Le Graet, dalam persetujuan dengan komite eksekutif FFF yang berkumpul hari ini di Paris, telah memilih untuk mundur dari tugasnya sebagai presiden Federasi hingga komunikasi akhir audit dilakukan oleh Kementerian Olahraga, dan menunggu keputusan analisisnya oleh komite eksekutif FFF,” bunyi pernyataan FFF.

Le Graet terlibat dalam kontroversi besar karena membuat komentar tidak baik tentang legenda sepak bola Prancis Zidane selama penampilannya di radio Prancis RMC.

Ketika ditanya tentang kemungkinan Zinedine Zidane menjadi pelatih baru timnas Prancis, Le Graet mengatakan bahwa ia bahkan tidak akan mengangkat telepon jika legenda sepak bola itu menghubunginya tentang kemungkinan menggantikan pelatih saat ini, Didier Deschamps.

Mantan presiden FFF itu mendapat banyak kritik atas komentarnya yang tidak semaunya terhadap Zidane, yang dianggap sebagai legenda sepak bola Prancis.

Bintang PSG Kylian Mbappe pada hari Minggu (8/1/2023) berbicara lewat Twitter untuk membela Zidane terhadap komentar Le Graet. “Zidane adalah Prancis, kami tidak menghormatinya seperti itu.”

Noel Le Graet kemudian meminta maaf atas komentarnya tentang Zidane, menggambarkan ucapannya sebagai “ceroboh”.

Selain pengunduran diri Le Graet, pernyataan FFF mengindikasikan bahwa panitia memutuskan untuk “memberhentikan sementara” manajer umum federasi Florence Hardouin. Sementara itu, Deputy Vice President FFF Philippe Dillo untuk sementara akan mengambil alih tugas kedua jabatan tersebut.

Pernyataan FFF juga mengumumkan perpanjangan kontrak pelatih timnas Prancis Didier Deschamps hingga 2026.

Selain komentar ofensifnya terhadap Zinedine Zidane, Noel Le Graet telah terlibat dalam kasus pelecehan seksual yang berkepanjangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *