Manchester United.
Manchester United.

Penjualan Manchester United, Sultan Qatar dan Miliarder Inggris Siapkan Tawaran Baru?

Posted on

Bolazola – Sebuah konsorsium yang dipimpin oleh sultan Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani, akan membuat tawaran baru pada hari Rabu ini (22/3/2023_ untuk membeli Manchester United.

Tawaran tersebut akan disampaikan kepada Raine Group sebelum batas waktu pukul 9 malam waktu Inggris, setelah pertemuan selama 10 jam yang diadakan dengan klub pada Kamis lalu.

Miliarder Inggris, Sir Jim Ratcliffe, juga diharapkan akan mengajukan tawaran pada hari Jumat setelah pertemuan serupa di Old Trafford dan pusat latihan Carrington milik Manchester United.

Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani.
Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani.

Seorang sumber mengatakan bahwa Raine Group mengharapkan ada tawaran lain – yang belum diumumkan – yang akan diajukan, sementara pihak yang tertarik untuk melakukan investasi minoritas daripada pengambilalihan penuh, termasuk manajemen investasi hedge fund berbasis Amerika Serikat, Elliott Investment Management, juga akan membuat tawaran.

Sumber yang sama mengatakan bahwa konsorsium yang mengajukan tawaran untuk mengendalikan klub mendapat prioritas selama putaran kedua proses yang diatasi oleh Raine Group, tetapi bahwa pemilik saat ini, keluarga Glazer, masih terbuka terhadap opsi lain.

Mereka mengumumkan pada November bahwa mereka akan mempertimbangkan “alternatif strategis”.

Sumber yang sama mengatakan bahwa keluarga Glazers menilai Manchester United sekitar 6 miliar poundsterling, meskipun tawaran indikatif yang diterima sebelum batas waktu awal Raine Group pada 17 Februari di bawah harga yang diminta mereka.

Sir Jim Ratcliffe.
Sir Jim Ratcliffe.

Tawaran kedua yang diajukan oleh Sheikh Jassim dan Ratcliffe, chairman dan CEO perusahaan kimia INEOS, diperkirakan akan lebih dekat dengan penilaian keluarga Glazers.

Sumber yang dekat dengan tawaran Sheikh Jassim percaya bahwa tawarannya “kompetitif”, dengan pejabat yang tetap “sangat percaya” bahwa akan berhasil. Sementara itu, Ratcliffe telah mengatakan bahwa ia tidak akan membayar “harga berlebihan” untuk klub.

“Bagaimana Anda menentukan harga lukisan? Bagaimana Anda menentukan harga rumah? Ini tidak berhubungan dengan berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk membangun atau mengecat,” kata Ratcliffe kepada awak media.

“Apa yang tidak ingin Anda lakukan adalah membayar harga yang berlebihan untuk sesuatu karena kemudian Anda menyesalinya nanti,” tuturnya lagi.

Sementara, beberapa sumber mengatakan bahwa staf Manchester United telah diberi tahu untuk mengharapkan “kejelasan” tentang situasi kepemilikan klub pada akhir musim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *