Pele Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Pele meninggal dunia.
Pele meninggal dunia.

Bolazola – Pele, seorang legenda sepak bola Brasil dengan banyak prestasi, telah meninggal dunia pada usia 82 tahun.

Pele, yang tumor usus besarnya diangkat pada tahun 2021, dirawat kembali di rumah sakit Albert Einstein di Sao Paulo pada bulan November di tengah kesehatan yang memburuk.

Sebuah pernyataan rumah sakit pada Kamis malam (29/12/2022) mengkonfirmasi meninggalnya “Raja Sepak Bola kita yang terkasih” pada pukul 15.27 waktu setempat, “Karena kegagalan beberapa organ, akibat perkembangan kanker usus besar yang terkait dengan kondisi klinis sebelumnya”.

Sebuah pernyataan dari halaman Instagram resmi Pele menambahkan: “Inspirasi dan cinta menandai perjalanan King Pele, yang meninggal dengan damai hari ini. Dalam perjalanannya, Edson mempesona dunia dengan kejeniusannya dalam olahraga, menghentikan perang, melakukan kerja sosial di seluruh dunia dan menyebarkan apa yang paling dia yakini sebagai obat untuk semua masalah kita: cinta. Pesannya hari ini menjadi warisan bagi generasi mendatang. Cinta, cinta dan cinta, selamanya.”

Setelah laporan bahwa dia menerima perawatan intens, Pele mengatakan bahwa dia merasa “kuat, dengan banyak harapan” dalam postingan media sosial pada 3 Desember.

Pernyataan lebih lanjut dari rumah sakit pada 21 Desember melaporkan bahwa Pele “memerlukan perawatan lebih lanjut terkait disfungsi ginjal dan jantung” setelah “perkembangan” kanker usus besarnya. Posting media sosial dari putrinya, Kely Nascimento, menunjukkan bahwa anggota keluarga berkumpul di rumah sakit untuk menghabiskan Natal bersama sang legenda.

Pencetak rekor bersama Brasil sepanjang masa itu memenangkan tiga Piala Dunia sebagai pemain (tahun 1958, 1962 dan 1970) selama 14 tahun karir internasional yang mencakup 77 gol dalam 92 penampilan untuk negaranya.

Dijuluki ‘Mutiara Hitam’ dan ‘King’, Pele adalah satu dari hanya tiga pemain yang mencetak gol di empat edisi Piala Dunia. Dalam 1.363 pertandingan, dia mencetak 1.281 gol saat pensiun pada tahun 1977 lebih dari dua kali lipat penantang terdekatnya.

Momen kemenangan Piala Dunia 1970 menjadi yang terbaik, kunci utama dari tim yang luar biasa termasuk Carlos Alberto, Jairzinho, Gerson, Tostao dan Rivelino.

Pihak World Soccer menggambarkan kemenangan Brasil tahun 1970 sebagai “lebih dari satu tim”, menambahkan: “Tim Brasil yang memenangkan Piala Dunia 1970 dengan gaya seperti itu telah menjadi mitos, sebuah tim yang dianggap sebagai eksponen utama dari permainan yang indah.”

Memiliki nama lengkap Edson Arantes do Nascimento dan lahir pada 23 Oktober 1940, Pele memulai karir profesionalnya pada usia 15 tahun dan membuat debut internasionalnya setahun kemudian.

Pada tahun 1999, ia terpilih sebagai pemain terbaik abad ini dalam jajak pendapat pemenang Ballon d’Or dan majalah Time menamainya sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di abad ke-20.

Diketahui Pele sebelumnya menjalani operasi pada November 2012, dan sejak itu menderita infeksi saluran kemih setelah menjalani operasi untuk menghilangkan batu ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *