Bolazola– ‘Puasa’ Indonesia untuk kembali meraih medali emas di cabang sepakbola, kembali berlanjut. Pada ajang Sea Games 2021 yang digelar di Vietnam, Tim U-23 Indonesia hanya bisa meraih medali perunggu. Tim U-23 Indonesia meraih perunggu usai menang adu penalti atas Malaysia di babak perebutan medali perunggu.

Bulan Mei 2022, Sea Games 2021 digelar di Vietnam. Sejatinya even ini digelar untuk tahun 2021, namun karena pandemi Covid-19, digeser ke tahun 2022.

Setelah bisa menembus final Piala AFF 2020, asa Tim U-23 Indonesia untuk meraih medali emas kembali terbuka. Apalagi, Tim U-23 Indonesia memiliki skuad yang sudah lebih matang dari Piala AFF lalu.

Ditambah lagi, Tim U-23 Indonesia sudah bisa diperkuat oleh Marc Klok, pemain naturalisasi asal Belanda. Kehadiran Klok membuat lini tengah Tim U-23 Indonesia lebih kuat.

Tim U-23 Indonesia berada di Grup A, bersama tuan rumah, Vietnam, lalu Myanmar, Timor Leste dan Filipina. Diatas kertas, Tim U-23 Indonesia diunggulkan untuk lolos dari babak grup.

Namun, Tim U-23 Indonesia menelan kekalahan telak di pertandingan pertama. Melawan Vietnam, Tim U-23 Indonesia kalah dengan skor 0-3.

Tim U-23 Indonesia bangkit pada sisa 3 laga lainnya. Tim U-23 Indonesia menang 4-1 atas Timor Leste. Setelah itu, Tim U-23 Indonesia menang 4-0 atas Filipina dan 3-1 atas Myanmar.

Hasil 9 poin dari 4 laga, Tim U-23 Indonesia lolos sebagai runner-up Grup A. Pada babak semfinal, Tim U-23 Indonesia melawan Thailand.

Laga ini berlangsung alot. Sepanjang 90 menit pertandingan, kedua klub ini bermain sama ngototnya. Laga berakhir dengan skor 0-0 di 90 menit pertandingan.

Pada babak tambahan 2 kali 15 menit, mental pemain Thailand kembali lebih kuat. Thailand bisa mencetak gol di menit ke-95. Tim U-23 Indonesia gagal mengejar ketertinggalan atas Thailand.

Tim U-23 Indonesia pun harus merelakan tiket final kepada Thailand. Tim U-23 Indonesia kemudian menantang Malaysia dalam perebutan medali perunggu.

Malaysia pun kalah 0-1 dari Vietnam di babak semifinal. Malaysia pun kalah di masa waktu tambahan 2 kali 15 menit.

Bermain dalam laga perebutan medali perunggu, Tim U-23 Indonesia tetap berusaha tampil baik. Apalagi, laga melawan Malaysia selalu dianggap memiliki nilai lebih.

Tim U-23 Indonesia unggul terlebih dahulu di menit ke-70 melalui gol dari Ronaldo Kwateh. Namun, Malaysia bisa menyamakan skor pada menit ke-80. Skor 1-1 ini bertahan hingga 90 menit berakhir.

Laga kemudian langsung masuk babak adu penalti. Tim U-23 Indonesia memiliki mental lebih kuat kali ini. Penendang Tim U-23 Indonesia bisa tampil lebih baik dari Malaysia. Tim U-23 Indonesia menang adu penalti dengan skor 4-3. Tim U-23 Indonesia pun harus medali perunggu.

Sementara itu, Vietnam sukses meraih medali emas usai menang atas Thailand di babak final. Vietnam menang dengan skor 1-0.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here