Bolazola– Awal Januari 2022 lalu, sepakbola Indonesia dimulai dengan berita sedih tapi tak mengejutkan. Untuk keenam kalinya, Timnas Indonesia kembali gagal menjadi juara Piala AFF 2020. Melawan Thailand di final Piala AFF 2020, Timnas Indonesia kalah dengan skor agregat 2-6.

Timnas Indonesia datang pada Piala AFF 2020 ini dengan skuad pemain muda. Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), memutuskan untuk memakai jasa pemain muda lebih banyak di Piala AFF 2020.

Istilah lainnya disebut ‘potong generasi’. Banyak pemain yang masih dibawah usia 23 tahun, dipanggil oleh STY. Pemain muda seperti Saadil Ramdani, Pratama Arhan, Witan, Egy, Ernando, Asnawi hingga Rizky Ridho mendapat jatah panggilan dari STY.

Meski pemain muda, beberapa pemain tadi sudah bermain di luar negeri. Saadil bermain di Liga Malaysia, sedangkan Witan dan Egy bermain di Eropa. Asnawi sendiri bermain di Liga Korea.

Tak memiliki ekspetasi tinggi, Timnas Indonesia bermain cukup apik di sepanjang babak grup. Bahkan, Timnas Indonesia bisa menjadi juara grup, unggul dari Vietnam.

Hasil baik ini membuat Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara grup. Timnas Indonesia pun menantang runner-up grup lainnya, Singapura.

Laga semifinal ini berlangsung sengit. Leg pertama, Singapura menahan imbang Indonesia dengan skor 1-1. Kedua leg digelar di Singapura akibat pandemi Covid-19.

Pertandingan di leg kedua lebih sengit. Kedua klub ini jual beli serangan. Timnas Indonesia tertinggal 1-2 di sepanjang pertandingan. Namun, menjelang menit ke-90, Timnas Indonesia bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Petaka terjadi di menit ke-90, Singapura mendapat hadiah penalti. Namun, eksekusi penalti pemain Singapura bisa ditahan kiper Timnas Indonesia.

Masuk babak tambahan, Indonesia yang unggul jumlah pemain, bermain dominan. Hasilnya, 2 gol berhasil diciptakan oleh pemain Timnas Indonesia.

Skor 4-2 menutup laga, dan membawa Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2020. Kembali Indonesia menantang raja Asia Tenggara, Thailand.

Seperti sudah ulangan dari 3 final sebelumnya, Indonesia tak berdaya ditangan Thailand. Leg pertama, Timnas Indonesia dipermak Thailand dengan skor 0-4.

Kekalahan ini ini membuat Thailand tampil diatas angin pada leg kedua. Meski laga berakhir dengan skor 2-2, Thailand tetap juara dengan keunggulan agregat 2-6.

Ini menjadi gelar runner-up keenan Indonesia di ajang Piala AFF. Sementara itu, Thailand sudah menggondol 6 kali juara Piala AFF, 4 kali saat melawan Timnas Indonesia di babak final.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here