Piala Dunia 2026.
Piala Dunia 2026.

FIFA Pertahankan Format Grup untuk Piala Dunia 2026

Posted on

Bolazola – FIFA dapat mempertahankan format grup berisi empat tim untuk Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Piala Dunia berikutnya akan melihat jumlah tim yang ambil bagian bertambah dari 32 menjadi 48.

Arsene Wenger – kepala Departemen Pengembangan Sepak Bola FIFA – sebelumnya mengatakan bahwa FIFA sedang mengerjakan tiga kemungkinan format untuk turnamen tersebut. Keputusan akhir, menurut website resmi FIFA, akan dibuat pada 2023.

Secara luas diharapkan bahwa FIFA akan memilih untuk membagi tim menjadi 16 grup yang terdiri dari tiga tim. Namun, keputusan FIFA dapat dipengaruhi oleh kegembiraan yang dihasilkan oleh format empat grup di Piala Dunia 2022, di mana beberapa grup akan berakhir.

Sejumlah media melaporkan bahwa keputusan dapat dibuat pada pertemuan dewan FIFA di Rwanda pada 16 Maret mendatang, menambahkan bahwa format empat tim kemungkinan akan dipertahankan selama tidak memperpanjang ‘jejak’ kompetisi yang mencakup waktu persiapan serta turnamen itu sendiri.

Presiden CONCACAF Victor Montagliani mengatakan bahwa format tiga tim memiliki “beberapa masalah”.

“Grup tiga tim terdengar bagus tapi ada beberapa masalah. Benarkah Anda lolos ke Piala Dunia dan sepertiga tim pulang setelah dua pertandingan? Kami harus bertanggung jawab. Ada jejak hari untuk 2014 dan 2018 dan kami tidak bisa melewati itu. Kami tidak bisa mengadakan Piala Dunia tiga bulan.” kata Montagliani.

Grup berisi empat tim akan meningkatkan jumlah pertandingan yang dijadwalkan dari 80 menjadi 104, yang akan memperpanjang durasi turnamen. Ini bisa ditiadakan dengan mengurangi waktu persiapan yang diberikan kepada tim sebelum acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *