Euro 2028: Inggris dan Irlandia Masukkan 14 Stadion untuk Penawaran Turnamen

0
11
Euro 2028.
Euro 2028.

Bolazola – Stadion baru Everton adalah salah satu dari 14 tempat di Inggris dan berkas tawaran Republik Irlandia untuk menjadi tuan rumah Euro 2028.

Stadion baru Everton yang masih dalam tahap pembangunan ditargetkan selesai pada 2024. Stadion Casement Park Belfast yang baru juga masuk dalam daftar pendek, meskipun pekerjaan belum dimulai di lokasi.

Lima asosiasi sepak bola harus menyerahkan daftar final 10 stadion ke UEFA pada April 2023. Berkas yang diserahkan pada 16 November itu berjudul: “Sepak bola untuk semua. Sepak bola untuk kebaikan. Sepak bola untuk masa depan.”

Dalam pernyataan bersama, Asosiasi Sepak Bola Inggris, Wales, Skotlandia, Irlandia Utara, dan Republik Irlandia, mengatakan: “Bersama-sama, kami percaya kami dapat memberikan turnamen kelas dunia, dan menjadi tuan rumah UEFA Euro 2028 akan mencapai warisan yang kuat dan berkelanjutan untuk sepak bola dan masyarakat luas, membantu mendorong pertumbuhan ekonomi di komunitas lokal.”

Daftar stadion yang diusulkan termasuk lapangan yang menggelar Premier League seperti Villa Park, Stadion baru Everton, London Stadium, Tottenham Hotspur Stadium, St James Park, Etihad Stadium dan Old Trafford.

Daftar ini juga menampilkan Stadium of Light Sunderland, Wembley Stadium, Hampden Park di Glasgow, Arena Dublin, Croke Parkdan Casement Park Stadium.

Asosiasi-asosiasi tersebut berharap rekor sebelumnya dari pementasan acara olahraga yang sukses di Inggris dan Irlandia akan menunjukkan bahwa mereka memiliki “keahlian dan pengalaman untuk membawa turnamen kelas dunia ini ke tingkat yang lebih tinggi”.

Mereka sebelumnya mempertimbangkan untuk menggelar Piala Dunia pada tahun 2030 dan melakukan studi kelayakan senilai 2,8 juta poundsterling untuk menjadi tawaran potensial.

Namun pada bulan Februari mereka memutuskan untuk memfokuskan upaya mereka pada Euro 2028.

Tawaran Inggris-Irlandia menghadapi persaingan dari Turki, dengan komite eksekutif UEFA akan membuat keputusan tentang negara tuan rumah Euro 2028 dan Euro 2032, pada September 2023 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here