Erling Haaland memenangkan FWA Footballer of the Year 2023.
Erling Haaland memenangkan FWA Footballer of the Year 2023.

Erling Haaland Memenangkan Penghargaan FWA Footballer of the Year

Posted on

Bolazola – Bintang Manchester City, Erling Haaland, memenangkan penghargaan Football Writers’ Association (FWA) Footballer of the Year yang bergengsi setelah musim debut impresifnya di Inggris, diumumkan pada Jumat (12/5/2023).

Haaland, 22, memenangkan penghargaan dengan margin rekor, memperoleh 82% suara di depan pemain Arsenal Bukayo Saka dan Martin Odegaard, yang masing-masing finish di posisi kedua dan ketiga.

Di tempat lain, penyerang Chelsea, Sam Kerr, menjadi pemenang Women’s Footballer of the Year yang pertama yang mempertahankan gelarnya. Pemain asal Australia ini mendapatkan dua kali lebih banyak suara dari Rachel Daly dari Aston Villa, yang finish di posisi kedua sementara rekan setim Kerr, Lauren James, finish di posisi ketiga.

Kedua penyerang telah memainkan peran kunci dengan klub mereka saat Manchester City dan Chelsea mencoba mempertahankan gelar juara liga.

Erling Haaland cetak rekor gol.
Erling Haaland cetak rekor gol.

“Untuk memenangkan FWA dalam musim pertama saya di sepak bola Inggris adalah suatu kehormatan. Saya mencoba menjadi yang terbaik setiap hari, dan untuk diakui seperti ini berarti banyak bagi saya,” Erling Haaland dalam sebuah pernyataan.

“Saya sangat menyukai waktu di City sampai saat ini, rekan setim saya luar biasa, dan mereka memberi saya kesempatan untuk mencetak gol. Saya ingin berterima kasih kepada mereka semua, karena saya tidak bisa memenangkan penghargaan ini tanpa mereka,” tambahnya.

“Saya juga berhutang banyak kepada Pep (Guardiola) dan tim di balik tim di sini (Manchester City). Semua orang telah begitu baik padaku sejak saya bergabung dan saya belum pernah bekerja dengan profesional yang begitu luar biasa,” sebutnya lagi.

“Terima kasih kepada semua orang yang memilih saya. Ini adalah suatu kehormatan nyata untuk memenangkan penghargaan ini. Sekarang saya fokus untuk memastikan saya menyelesaikan musim sekuat mungkin dan membantu City memenangkan trofi,” tegasnya kemudian.

Erling Haaland telah menjalani debut yang sensasional dengan juara Premier League dan telah mencetak 51 gol di semua kompetisi.

Pemain timnas Norwegia ini memecahkan rekor pencetak gol musim tunggal Premier League dengan gol ke-35nya yang dicetak dalam kemenangan 3-0 atas West Ham United minggu lalu.

Rekor telah terus terpecahkan bagi Haaland di Etihad Stadium sejak kepindahannya dari Borussia Dortmund musim panas lalu.

Dia telah melampaui rekor sebelumnya untuk jumlah gol yang dicetak di semua kompetisi oleh pemain Premier League. 51 golnya jauh melampaui 44 angka yang dicetak oleh Ruud van Nistelrooy untuk Manchester United pada musim 2002-03 dan Mohamed Salah pada musim 2017-18.

Namun, Haaland masih memiliki jalan yang panjang untuk melampaui rekor sepanjang masa untuk jumlah gol terbanyak di divisi teratas Inggris. Legenda Dixie Dean mencetak 60 gol untuk Everton pada musim 1927-28.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *