Bolazola – Erling Haaland memecahkan rekor gol dalam satu musim Premier League setelah striker Manchester City itu mencetak gol ke-35 dari musim yang luar biasa dalam kemenangan 3-0 atas West Ham United dini hari tadi (4/5/2023).

Pemain berusia 22 tahun itu mencetak gol dalam kemenangan atas Fulham pada hari Minggu untuk menyamai rekor terbaik sebelumnya yaitu 34 yang dipegang bersama oleh Andrew Cole dan Alan Shearer, dan golnya pada menit ke-70 melawan West Ham United membuat Haaland melampaui batas dengan lima pertandingan tersisa.

“Ini malam yang istimewa dan momen yang istimewa. Saya sangat senang dan bangga. Saya tidak tahu harus berkata apa lagi,” kata Haaland kepada awak media.

“Saya tahu tentang rekor, tentu saja, tapi kami mencoba menciptakan peluang untuk mencetak gol dan itu tidak mudah karena mereka ingin bertahan. Kami berjuang di babak pertama tetapi akhirnya datang,” tandasnya kemudian.

34 gol yang dicetak Cole datang bersama Newcastle United di musim kedua Premier League, pada 1993-94, dengan Shearer menyamainya pada musim berikutnya yang membawa Blackburn Rovers meraih gelar.

Baik Cole dan Shearer mencetak gol dalam 42 pertandingan. Haaland, yang 35 golnya tercipta hanya dalam 31 penampilan liga, telah melampaui rekor sebelumnya untuk 38 pertandingan Premier League ketika Mohamed Salah mencetak 32 gol untuk Liverpool pada 2017-18.

Para pemain Manchester City membentuk ‘Guard of Honour’ setelah pertandingan di Etihad Stadium.

Rekor telah pecah hampir setiap minggu untuk Haaland dalam mimpi musim pertama di Etihad Stadium sejak transfernya dari Borussia Dortmund musim panas lalu.

Bintang Norwegia itu telah melampaui rekor sebelumnya untuk gol terbanyak yang dicetak di semua kompetisi oleh pemain Premier League. Jumlah 52 golnya jauh melebihi 44 gol yang dicetak oleh Ruud van Nistelrooy untuk Manchester United pada 2002-03 dan Mohamed Salah pada 2017-18.

Haaland masih memiliki kesempatan untuk melampaui rekor sepanjang masa terkait gol terbanyak yang dicetak di divisi teratas Inggris. Dixie Dean mencetak 60 gol untuk Everton pada 1927-28.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here