Pemain Kunci Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Enam Pemain Kunci Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23, Empat Diantaranya Pemain Abroad

Posted on

Gelaran Piala Asia U-23 2024 ditunggu fans Timnas Indonesia. Menjadi tim debutan, Timnas U-23 Indonesia memiliki 6 pemain kunci untuk ajang ini. Tidak main-main, 4 pemain tadi saat ini berstatus pemain abroad atau bermain di luar Liga Indonesia.

Garuda Muda, julukan dari Timnas U-23 Indonesia, akan bersaing di Grup A Piala Asia U-23 Indonesia. Tiga tim lain di grup ini mulai dari Qatar U-23 (Tuan rumah), Australia U-23 dan Yordania U-23.

Menghadapi ajang besar ini, Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Timnas U-23 Indonesia, sudah memilih 23 pemain yang akan dibawa ke Qatar. Dalam daftar pemain tadi, 17 bermain di Liga Indonesia dan 6 bermain di luar Liga Indonesia atau biasa disebut pemain abroad.

Bersaing dengan beragam tim kuat di Asia, Garuda Muda patut percaya diri. Meski berstatus tim debutan, Garuda Muda memiliki skuad yang bisa bersaing. Terlebih lagi, terdapat 6 pemain yang bermain di luar Liga Indonesia.

Menjelang laga ini, terdapat 6 pemain kunci dalam skuad Timnas Indonesia U-23. Keenam pemain tersebar di semua posisi, mulai dari belakang, tengah sampai depan.

1. Ernando Ari

    Kiper yang kini membela Persebaya Surabaya ini, kenyang pengalaman dari level junior sampai senior. Ernando juga meraih beberapa gelar juara, mulai dari juara Piala AFF U-16 2018 dan medali emas Sea Games 2023. Pada level senior, Ernando menjadi kiper utama Timnas Indonesia selama tahun 2023 dan 2024, salah satunya pada ajang Piala Asia 2023. Pengalaman Ernando menjadi hal penting bagi Timnas U-23 Indonesia, utamanya kepemimpinan di lini belakang.

    2. Rizky Ridho

    Defender kalem ini, juga memiliki pengalaman yang tak kalah dengan Ernando Ari. Rizky Ridho yang kini membela Persija Jakarta ini, sudah memperkuat Timnas Indonesia sejak usia muda. Sejak menjadi pemain inti di Piala AFF 2020, Rizky Ridho selalu tak ketinggalan membela Timnas Indonesia. Rizky Ridho menjadi pemain kunci Shin Tae-yong pada formasi 3 bek, tak gentar bersaing dengan pemain abroad. Selain berpengalaman, kepemimpinan Rizky Ridho menjadi satu hal penting di lini belakang Timnas U-23 Indonesia.

    3. Justin Hubner

    Pemain yang kini membela Cerezo Osaka di J-League ini, mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk masuk skuad inti Timnas Indonesia. Berbeda dengan Rizky Ridho, Hubner dikenal pemain yang agresif saat bermain di lapangan, utamanya saat mengawal lini belakang. Fisik mumpuni dari Hubner akan membuat lini belakang Timnas U-23 Indonesia tak akan terlalu kesulitan melawan pemain jangkung yang dimiliki oleh Qatar U-23, Australia U-23 hingga Yordania U-23 di Grup A nanti.

    4. Marselino Ferdinand

    Gelandang serang yang masih berusia 19 tahun ini, menjadi salah satu pemain bertalenta Indonesia saat ini. Kini, Marselino membela Deinze, klub kasta kedua Liga Belgia. Meski memiliki usia yang masih muda, Marselino tak canggung bermain dengan pemain lebih senior. Apalagi, Marselino kini bermain di Liga Belgia. Memiliki skill mumpuni dan kepercayaan diri tinggi saat bermain, Marselino akan menjadi pemain kunci di Timnas Indonesia U-23, utamanya dalam menciptakan kreasi dari lini tengah dan membuat banyak peluang bagi pemain depan Garuda Muda.

    5. Ivar Jenner

    Mengimbangi Marselino yang bertipe menyerang, Ivar Jenner akan lebih fokus mengawal lini tengah dan belakang. Meski lebih bertipe bertahan, Jenner dikenal memiliki umpan-umpan yang mematikan dan bisa memanjakan pemain depan Timnas U-23 Indonesia. Gelandang yang kini membela Jong Utrecht ini, akan menjadi kunci dalam menjaga keseimbangan di lini tengah. Jenner menjadi pemain yang pertama menahan serangan tim lawan, sekaligus pemain pertama yang memulai serangan Timnas U-23 Indonesia dari lini tengah.

    6. Ramadhan Sananta

    Shin Tae-yong membawa 3 penyerang untuk Piala Asia U-23, salah satunya Ramadhan Sananta. Musim ini, Sananta sudah menciptakan 8 gol di Liga 1 bersama Persis Solo. Meski memiliki Struick dan Hokky Caraka di lini depan, Sananta harus diakui menjadi striker paling tajam di Timnas U-23 Indonesia saat ini. Terkini, Sananta menjadi paling tajam Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan mencetak 4 gol. Terakhir, Sananta mencetak satu gol saat Timnas Indonesia menang 3-0 atas Vietnam beberapa waktu lalu.***

      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *