Emmanuel Adebayor.
Emmanuel Adebayor.

Emmanuel Adebayor Putuskan Pensiun di Usia 39 Tahun

Posted on

Bolazola – Mantan pemain yang berkarir di Premier League, Emmanuel Adebayor, telah mengumumkan pensiun dari sepak bola pada usia 39 tahun.

Adebayor menghabiskan lebih dari satu dekade di Inggris bermain untuk Arsenal, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Crystal Palace, tetapi sekarang telah mengakhiri karirnya dan mengumumkan hal tersebut dalam postingan video di Instagram.

Video pendek itu termasuk klip golnya yang terkenal untuk Manchester City melawan Arsenal pada tahun 2009, yang mungkin merupakan momen paling berkesan dalam karirnya, ketika ia berselebrasi dengan berlari sepanjang lapangan di depan para penggemar Arsenal.

Selain video tersebut, Adebayor memposting keterangan: “SEA, dari puncak ke lembah, karir saya sebagai atlet profesional telah menjadi perjalanan yang luar biasa. Terima kasih kepada para penggemar saya karena selalu mendukung saya setiap langkah. Saya merasa sangat bersyukur atas segala hal, dan sangat bersemangat untuk apa yang akan datang!”

Emmanuel Adebayor kemudian menulis pesan pada selembar kertas yang berbunyi: “Terima kasih atas berkatnya!!!”

Emmanuel Adebayor saat berseragam Manchester City.
Emmanuel Adebayor saat berseragam Manchester City.

Dua gol yang Adebayor sertakan dalam video pensiunnya adalah saat berseragam Manchester City.

Meskipun demikian, penyerang itu memiliki beberapa momen penting di klubnya yang lain, ia memenangkan penghargaan Pemain Sepak Bola Afrika Terbaik pada tahun 2008 selama membela Arsenal.

Dia juga dinobatkan sebagai Pemain Sepak Bola Togo Terbaik selama lima tahun berturut-turut antara 2005 dan 2009, dan video tersebut memuat rekaman dirinya yang mengibarkan bendera nasional negaranya.

Emmanuel Adebayor menjadi salah satu anggota timnas Togo yang menjadi korban serangan teroris pada 2010 saat mereka dalam perjalanan ke Angola untuk turnamen. Dalam serangan tersebut, tiga orang tewas dan sembilan orang terluka.

Selama di Inggris, Adebayor mencetak 97 gol di Premier LEague pada masa-masa berseragam Tottenham Hotspur, Arsenal, dan Manchester City.

Meski puncak karirnya terjadi di Inggris, Adebayor juga menghabiskan beberapa tahun di Prancis bersama Metz dan AS Monaco di awal karir, dan sempat bergabung dengan Real Madrid pada 2011.

Setelah kembali ke Inggris dari Real Madrid, Adebayor menghabiskan tiga tahun bersama Tottenham Hotspur dan enam bulan bersama Crystal Palace sebelum akhirnya pindah ke Turki untuk bergabung dengan Istanbul Basaksehir pada awal 2017.

Setelah itu, Adebayor juga bermain untuk tim Turki lainnya, Kayserispor, sebelum mencoba peruntungannya di Paraguay dengan Olimpia. Ia mengakhiri karir di Semassi di negara asalnya dan kini memutuskan untuk pensiun setelah lebih dari dua dekade menjadi pemain sepak bola profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *