Bolazola – Superstar Portugal Cristiano Ronaldo akan diresmikan di hadapan ribuan penggemar Al-Nassr pada Selasa (3/1/2023), kata seorang juru bicara, setelah melakukan langkah mengejutkan yang diperkirakan bernilai lebih dari 200 juta euro.

Pemain bintang berusia 37 tahun pemenang Ballon d’Or lima kali itu tiba pada Senin malam (2/1/2023) bersama keluarganya serta dengan media dan staf teknis, seperti yang diungkap juru bicara klub Al-Walid Al-Muhaidib.

Cristiano Ronaldo, yang meninggalkan Manchester United setelah wawancara kontroversial dalam sebuah wawancara TV, akan muncul di stadion Mrsool Park berkapasitas 25.000 penonton di Riyadh pada pukul 19:00 waktu setempat.

Babak terbaru, dan mungkin terakhir, dalam karir terkenal datang beberapa minggu setelah Portugal tersingkir di perempat final Piala Dunia 2022 di Qatar, di mana Lionel Messi mengangkat trofi juara bersama Argentina.

Penandatanganan Cristiano Ronaldo hingga Juni 2025 adalah terobosan terbaru ke dalam olahraga tingkat atas oleh pihak Arab Saudi, yang juga menghadirkan Formula 1, tinju dan golf, dan juga mengambil alih klub Inggris Newcastle United.

Para kritikus menjuluki strategi “sportwashing”, yaitu upaya negara konservatif itu untuk mengalihkan perhatian dari catatan hak asasi manusia (HAM).

Al-Nassr mengharapkan stadion yang penuh dengan penggemar, menurut seorang pejabat yang tidak mau disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Cristiano Ronaldo sejauh ini merupakan bintang terbesar yang pernah bermain di Arab Saudi, meskipun sebelumnya ada beberapa nama terkenal termasuk George Weah, Pep Guardiola dan Xavi di negara Arab.

Al-Nassr, sembilan kali juara liga Arab Saudi, menyebut penandatanganan Cristiano Ronaldo “lebih dari sejarah”, mengklaim dia akan menginspirasi liga dan bahkan negara.

Dalam sebuah tweet, Menteri Olahraga Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal berjanji untuk “mendukung klub kami lainnya terkait kesepakatan berkualitas dengan bintang internasional segera”.

Diketahui bahwa Manchester United mengakhiri kontrak Cristiano Ronaldo selama Piala Dunia 2022 setelah wawancara kontroversial saat mengaku merasa “dikhianati” oleh klub dan tidak menghormati Erik ten Hag.

Bintang Portugal itu telah lama menjadi salah satu pemain dengan bayaran tertinggi di sepak bola, mendapatkan gaji yang dilaporkan sebesar 31 juta euro saat berseragam Juventus sebelum melakukan pemotongan gaji untuk bergabung kembali dengan Manchester United.

Ronaldo telah memenangkan lima gelar Liga Champions (2008, 2014, 2016, 2017, 2018), gelar Serie A Italia (2019, 2020) bersama Juventus, di La Liga Spanyol (2012, 2017) bersama Real Madrid dan di Premier League Inggris (2007, 2008, 2009) dengan Manchester United.

Dia juga pencetak gol terbanyak di Liga Champions dan bersama timnas Portugal, yang dibawa meraih gelar juara Euro 2016.

Di Qatar, dia menjadi orang pertama yang mencetak gol di lima edisi Piala Dunia berbeda dengan eksekusi penaltinya dalam kemenangan atas Ghana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here