Timnas U-23 Indonesia harus waspadai kekuatan Tim U-23 Yordania

Butuh Hasil Imbang Demi Lolos ke Babak 8 Besar, Timnas U-23 Indonesia Wajib Waspadai Kekuatan Tim U-23 Yordania

Posted on

Langkah Tim U-23 Indonesia untuk lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23 2024 tinggal selangkah lagi. Pada laga ketiga Grup A, Timnas U-23 Indonesia minimal meraih hasil imbang. Namun, Timnas U-23 Indonesia harus memberikan kewaspadaan penuh dengan kekuatan dari Tim U-23 Yordania.

Garuda Muda, julukan dari Timnas U-23 Indonesia, akan menghadapi laga hidup mati di Grup A untuk dapat satu tiket maju ke babak 8 besar Piala Asia U-23 2024. Laga ketiga Grup A, Garuda Muda akan melawan Tim U-23 Yordania. Secara matematis poin, anak asuhan Shin Tae-yong ini minimal membutuhkan satu poin saja untuk dapat lolos ke babak selanjutnya.

Saat ini, Garuda Muda berada di posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan mengumpulkan 3 poin dari 2 laga yang sudah dijalani. Satu tim dari Grup A, Tim U-23 Qatar, sudah lolos ke babak 8 besar dengan mengumpulkan 6 poin dari 2 laga. Satu tiket tersisa untuk lolos kini diperebutkan oleh Timnas U-23 Indonesia (3 poin), Tim U-23 Yordania (1 poin) dan Tim U-23 Australia (1 poin).

Sistem perhitungan di babak grup Piala Asia U-23 2024 sendiri menggunakan sistem head to head jika memiliki poin yang sama. Berdasarkan cara perhitungan ini, Tim U-23 Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang saja saat melawan Tim U-23 Yordania di laga ketiga Grup A. Hasil pertandingan antara Tim U-23 Qatar melawan Tim U-23 Australia di laga lainnya tak berpengaruh bagi Garuda Muda.

Meski hanya butuh hasil imbang, Tim U-23 Yordania bukan lawan mudah. Negara Timur Tengah ini menampilkan permainan cukup impresif di laga kedua saat melawan Qatar. Tim U-23 Yordania hanya kalah dengan skor 1-2 dari Qatar. Gol kemenangan Qatar pun dicetak pada menit-menit terakhir pertandingan.

Secara permainan, Yordania pun tampil menyerang. Hal ini sempat membuat Tim U-23 Qatar kewalahan. Hanya ketidakberuntungan yang membuat Tim U-23 Yordania gagal meraih poin di laga tadi.

Untungnya, Timnas U-23 Indonesia sudah bisa diperkuat kembali Ivan Jenner. Gelandang yang bermain di Jong Utrecht ini, absen di laga melawan Australia akibat mendapat kartu merah saat melawan Qatar. Kehadiran Jenner membuat lini tengah Garuda Muda akan lebih solid.

Defender Cerezo Osaka, Justin Hubner, juga bisa bermain 90 menit. Pada laga melawan Tim U-23 Australia, Hubner masuk di babak kedua. Tidak hanya bisa bermain sebagai defender, Hubner pun bisa bermain sebagai gelandang bertahan.

Kepercayaan diri pemain Garuda Muda sedang naik pasca menang 1-0 atas Tim U-23 Australia. Minus Ramadhan Sananta, Garuda Muda datang dengan kekuatan terbaik. Kondisi tim ini menjadi modal baik Garuda Muda menjelang laga melawan Tim U-23 Yordania demi lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23 2024.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *